AA YKPN YOGYAKARTA

Kampus AA YKPN Akademi Akuntansi YKPN
Akademi Akuntansi Yayasan Keluarga Pahlawan Negara atau disingkat sebagai AA-YKPN adalah sekolah tinggi yang terletak di kota Yogyakarta, Indonesia, dengan program studi yang difokuskan pada bidang akuntansi melalui beberapa program studi: Akuntansi keuangan, Akuntansi manajemen, Perencanaan dan pengawasan keuangan, serta Pengauditan.

Sejarah Singkat

Akademi Akuntansi YKPN

 

AA YKPN didirikan di Yogyakarta pada tanggal 22 Maret 1970. Pada tahun pertama berdiri, jumlah mahasiswa yang terdaftar di AA YKPN sebanyak 81 orang. AA YKPN memperoleh status terdaftar dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Cq. Direktur Pendidikan Tinggi No. 217/DPT/B/1970 pada tanggal 30 Oktober 1970. Pada tahun 1970 pula AA YKPN menerima kesediaan Sri Sultan Hamengku Buwono IX (saat itu menjabat sebagai Wakil Presiden RI) untuk duduk sebagai Ketua Dewan Penyantun.profil_gedungtua AA YKPN

 

profil_gedungtuaSampai dengan tahun 1973 AA YKPN menggunakan Balai RK Surokarsan sebagai tempat untuk kegiatan belajar mengajar. Atas ijin Sri Sultan Hamengku Buwono IX, sejak tahun 1974 hingga sekarang Kampus Balapan di Jl. Gagak Rimang dipergunakan sebagai tempat kuliah. Tahun 1981 AA YKPN memperoleh status Diakui berdasarkan SK No. 028/O/1981, dan pada tahun 1991, AA YKPN mendapatkan status Disamakan berdasarkan SK No. 0191/O/1991 tanggal 11 April 1991.

 

Dalam perjalanannya, AA YKPN mampu menempatkan dirinya di jajaran terdepan lembaga pendidikan tinggi swasta di bidang akuntansi. Berbagai langkah penting yang ditempuh oleh AA YKPN dalam proses perkembangan awalnya antara lain :

 

Menjadi pemrakarsa Musyawarah Antar Perguruan Tinggi Akuntansi Swasta se-Indonesia pada tahun 1978.
Memelopori penggantian matakuliah akuntansi peninggalan Belanda ke matakuliah yang berorientasi ke Amerika Serikat.
Memelopori penerapan sistem kredit semester pada pertengahan tahun 1978.
AA YKPN merupakan salah satu perguruan tinggi yang menerbitkan buku-buku bahan praktikum akuntansi yang dapat diandalkan. Buku-buku tersebut disusun oleh staf pengajar AA YKPN dan diterbitkan oleh Pusat Penerbitan AA YKPN. Selain dipergunakan di AA YKPN, buku-buku bahan praktikum akuntansi tersebut juga dipergunakan secara luas oleh berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia dalam kegiatan belajar mengajarnya.

Gedung AA YKPN

Kepeloporan
Dalam perjalanannya, AA YKPN mampu menempatkan diri pada jajaran terdepan lembaga pendidikan tinggi swasta di bidang akuntansi. Beberapa hal yang telah dilakukan oleh istitusi ini dalam proses perkembangan awalnya antara lain:

  • Menjadi pemrakarsa Musyawarah Antar Perguruan Tinggi Akuntansi Swasta se-Indonesia pada tahun 1978.
  • Memelopori penggantian matakuliah akuntansi peninggalan Belanda ke matakuliah yang berorientasi ke Amerika Serikat.
  • Memelopori penerapan sistem kredit semester pada pertengahan tahun 1978.

Penerbitan
AA YKPN merupakan salah satu perguruan tinggi yang menerbitkan buku-buku bahan praktikum akuntansi yang digunakan secara luas oleh berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia. Buku-buku tersebut disusun oleh staf pengajar AA YKPN dan diterbitkan oleh Pusat Penerbitan AA YKPN.

 

Visi, Misi, dan Tujuan Pendidikan
Untuk kepentingan penyelenggaraan dan pengembangan institusi, Akademi Akuntansi YKPN telah menyusun visi, misi, tujuan, dan sasaran AA YKPN sebagai sebuah institusi perguruan tinggi vokasi.

Visi
Visi AA YKPN sebagai sebuah lembaga pendidikan tinggi vokasi adalah sebagai berikut:
“Menjadi perguruan tinggi vokasi unggulan dalam bidang akuntansi di Indonesia pada tahun 2020″

Misi
Misi yang diemban AA YKPN dalam menyelenggarakan pendidikan tinggi vokasi adalah sebagai berikut:

Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan tinggi vokasi di bidang akuntansi yang berkualitas dan inovatif, serta relevan dengan kebutuhan dunia kerja dan masyarakat.
Menyelenggarakan penelitian terapan serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi yang bermanfaat bagi pengem-bangan pendidikan vokasi dan praktik di bidang akuntansi.
Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang memberikan kontribusi dalam pengembangan pendidikan vokasi dan pemberian alternatif solusi permasalahan praktik di bidang akuntansi.

Tujuan Pendidikan

Berpijak pada visi dan misi di atas, tujuan yang ingin dicapai AA YKPN dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagai sebuah lembaga pendidikan tinggi vokasi adalah sebagai berikut:

Menghasilkan lulusan yang mahir dan profesional di bidang akuntansi, berdaya saing tinggi dalam lingkungan global, serta beretika, ber-integritas, bertangung janwab, berjiwa wirausaha dan berkemampuan manajerial tinggi.
Menghasilkan penelitian terapan dan dan pengembangan ilmu penge-tahuan/teknologi informasi yang bermanfaat bagi pengembangan pendidikan vokasi dan praktik di bidang akuntansi.
Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat yang memberikan kontribusi dalam pengembangan pendidikan vokasi dan penyelesaian permasalahan praktik di bidang akuntansi.

Akademi Akuntansi Yayasan Keluarga Pahlawan Negara
Didirikan 22 Maret 1970
Jenis Perguruan Tinggi Swasta
Lokasi Jl Gagak Rimang No. 2 – 4 (Balapan) Yogyakarta 55222
Website
http://www.aaykpn.ac.id/
Aa ykpn logo.jpg

AA YKPN kampus pendidikan sekolah tinggi

Author: 
author

Related Post

Leave a reply