Yuk Bangun Karir Sebagai Kreator!

 

(Sumber : Billionairecoach.com)

Karir kreatif merupakan profesi yang sedang trend di era perkembangan dunia digital. Perjalanan karir kreatif itu bisa dianalogikan sebagai seorang pemilik kedai. Anggap saja seperti kedai yang baru dibangun diujung jalan. Tidak pernah ada yang datang, tak pernah ada yang tau itu siapa, dan tidak ada yang tau enak atau gaknya.

Pemilik kedai itu harus mencari tau bagaimana caranya agar bisa datangin orang ke kedai dia. Yaitu dengan mempromosikan kedainya dan memastikan makanan atau produk yang ada di kedai itu enak. Karena kalua ga enak, setelah customer pertama kali datang, dia ga akan balik lagi. Sama seperti pemilik kedai, perjalan karir seorang kreatif juga kurang lebih seperti itu. Berikut simak sedikit tips membangun karir sebagai creator.

Mulai dari Hobi

1.3

(Sumber : Superprof.co.id)

Untuk memulai kairir di bidang ini kita harus mulai dengan apa yang kita sukai. banyak orang yang terpaksa melakukan hanya untuk mecari keuntungannya saja dan akhirnya gagal ditengah jalan. Dengan meembuat karya sesuai dengan hobi dan kesenangan kita maka lama kelamaan akan menjadi manfaat dan keuntungan bagi kita sendri.

Buat Orang Lain Liat Karya Kita

1.4

(Sumber : Metrotempo.com)

Bukan hanya di bidang kreatif saja, di semua bidang tahap awalnya adalah bagaimana bisnis kita, karya kita, produk kita bisa diliat dan diterima oleh audience. Bisa dengan cara kamu beri free artwork, bergaul sama komunitas, pamerin karya – karya kamu di media sosial. Contohnya Instagram, dengan menambahkan hastag pada postingan yang kamu unggah, maka karya kamu bakal diliat secara luas.

Buat Portofolio

 

1.5

(Sumber : Ruparupa.com)

Membuat Portofolio itu sangat penting untuk memulai karir sebagai kreator. Kumpulin portofolio yang keren, selalu serius dalam membuat karya dan jangan asal – asalan karena semua karya yang kamu buat sekarang itu merupakan investasi. Buat orang – orang tertarik pada karya yang kamu buat.

 

Jangan Bermalas – malasan

 1.6          

(Sumber : dream.co.id)

Yang keempat ini merupakan musuh terberat untuk memulai karir. Bukan berarti yang kamu lakuin itu selalu sama. Belajarlah cari hal baru, cari inovasi dan terus berubah. Lakukan dengan senang walaupun itu berat.

 

Selalu Mengikuti Karya yang sedang Tren

1.7

(Sumber : infodigimarket.com)

Cari tau dan keep update dengan karya yang sedang diminati oleh banyak orang. Buatlah sesuatu yang berbeda dengan mengikuti perkembangan di dunia digital yang sedang tren tersebut. Dengan mengikuti arus tren tersebut karya akan memungkinkan banyak diminati oleh netizen.

 

Penulis : Satrio Wibowo

Pimpinan Redaksi : M. Reza Afrizal

Editor : Rifky Sutanto

Layouter : Moh. Sami’udin

Related Post

Comments are closed.