Rumah Amien Rais Diruwat

ruwatan-rumah-amien-rais

SLEMAN – Belasan orang menggelar aksi ruwatan di kediaman politisi Amien Rais di Perumahan Sawitsari, Condongcatur, Depok, Kamis (16/10/2014) siang. Aksi ini dilakukan sebagai ungkapan kekecewaan warga kepada tokoh reformasi ini.

Pantauan tribunjogja.com, sebanyak 13 orang yang terdiri dari empat orang pria dan sembilan orang perempuan mendatangi rumah Ketua Majelis Pertimbangan Partai Amanat Nasional (PAN) itu sekitar pukul 11.30.

Sesampainya di depan pintu gerbang rumah Amien Rais, mereka yang mengenakan pakaian tradisional Jawa itu langsung menyiapkan ubo rampe berupa sesajen sebelum menggelar ruwatan.

Dua ekor ayam berwarna putih dan hitam serta air kembang menjadi ubo rampe ritual penyucian siang itu.

Ritual ruwatan diawali dengan pidato dan wajenang dalam bahasa Jawa yang disampaikan Mbah Sukir, pemimpin ritual. Usai menyampaikan wajenang, Mbah Sukir lalu mengambil ayam hitam untuk dimandikan dengan air kembang dan mencukur bulunya.

Usai melakukan ritual ini, ia lalu memasukan ayam tersebut ke dalam sangkar yang berisi ayam putih. Ritual tersebut kemudian ditutup dengan menyiramkan air kembang ke pagar rumah Amien Rais.

Agus Sunandar, koordinator aksi, mengatakan ruwatan merupakan ritual penyucian diri yang kerap digelar oleh masyarakat Jawa. Sehingga diharapkan usai ritual ini, hati dari orang yang disucikan menjadi murni kembali.

“Amien Rais telah dianggap mengkhianati reformasi yang dulu pernah diperjuangkan. Ruwatan ini digelar agar dia kembali suci dan mempertahankan reformasi yang pernah diusungnya,” ungkap Agus.

Sumber : tribunjogja.com

news

Author: 
    author
    JogjaLand

    Related Post

    Leave a reply