Perpustakaan Kota Yogyakarta

perpustakaan yogyakarta

A. Sejarah

Perpustakaan Umum Daerah Kotamadya Yogyakarta pertama dirintis pada 2 Mei 1993 dan dikelola oleh Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kotamadya Yogyakarta, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam negeri Republik Indonesia No. 9 Tahun 1988, tanggal 1 Maret 1988 tentang Pedoman Pembentukan Organisasi dan Tatakerja Perpustakaan Umum dan Instruksi Menteri Dalam Negeri No. 21 tahun 1988 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pembentukan Organisasi dan Tata kerja Perpustakaan Umum. Adapun pengadaan buku-buku dibantu oleh Perpustakaan Propinsi DIY dan dilanjutkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi DIY sampai datangnya krisis moneter tahun 1998.

Pada awalnya lokasi Perpustakaan Yogyakarta menempati dua paviliun/pendopo di Jalan Pekapalan no. 2-4, alun-alun utara. Namun, karena akses ke lokasi tersebut banyak dihalangi oleh para pedagang kaki lima, maka tak banyak yang tahu dan mengunjungi perpustakaan ini.

Adapun kelembagaan Perpustakaan Umum Daerah Kotamadya Yogyakarta kemudian berubah menjadi Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan dibawah naungan Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta. Hal ini didasarkan pada Peraturan Daerah Kota Yogyakarta No. 22 Tahun 2000 tentang Pembentukan Susunan Organisasi dan Tatakerja Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kota Yogyakarta serta Surat Keputusan Walikota Yogyakarta No. 70 tahun 2001 tentang Rincian Tugas pada Dinas Pendidi-kan dan Pengajaran Kota Yogyakarta. Dan kelembagaan Perpustakaan sebagai UPT Perpustakaan Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta secara resmi terbentuk pada tahun 2005, dengan diterbitkannya Peraturan Walikota No. 204 tahun 2005 tentang Pembentukan UPT-UPT di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta.

Seiring berjalannya waktu, muncul keprihatinan segenap warga Kota Yogyakarta dan perhatian Walikota Yogyakarta atas gedung dan fasilitas perpustakaan yang kurang memadai. Maka atas keputusan Walikota Yogyakarta, mulai tanggal 20 Juli 2007 UPT Perpustakaan menempati gedung baru seperti yang ditempati saat ini, yakni Jalan Suroto no. 9 Yogyakarta. Kemudian nama UPT Perpustakaan secara resmi diubah menjadi Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Yogyakarta berdasarkan Peraturan Daerah no. 9 tahun 2008.

Pepustakaan Kota Yogyakarta 2

B. Visi dan Misi

Visi: Menjadikan arsip sebagai sumber informasi dan bahan pertanggungjawaban kepada generasi penerus serta perpustakaan sebagai sumber informasi, rekreasi, penelitian dan pengetahuan

Misi:

  • Menumbuhkan budaya tertib arsip di lingkungan aparatur pemerintah.
  • Memelihara, menyelamatkan, melestarikan dan menyediakan arsip sebagai sumber informasi.
  • Mengembangkan system, sarana prasarana, sumber daya manusia, pemasyarakatan dan pemanfaatan arsip.
  • Meningkatkan pelayanan kepada masyarakat melalui pelayanan prima
  • Mensosialisasikan gemar membaca dan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya perpustakaan.
  • Meningkatkan peran serta, partisipasi dan kontribusi masyarakat dalam upaya mengembangkan dan memberdayakan perpustakaan.
  • Menjadikan perpustakaan sebagai perpustakaan yang dinamis.

pengunjung perpustakaan yogyakarta

C. Pelayanan:

  1. Layanan Sirkulasi
  2. Layanan Referensi
  3. Layanan Internet
  4. Layanan Keanggotaan
  5. Perpustakaan Keliling
  6. Blind Corner
  7. Bank Buku
  8. Layanan TAMARA (Taman Sambung Rasa)
  9. Layanan Perpustakaan Digital

Selain itu di Perpustakaan Kota Yogyakarta juga diadakan beberapa program unggulan, yaitu:

  1. Diskusi Buku Bulanan
  2. Liburan di PerpusKota
  3. Sanggar Menulis “Cahaya”
  4. Story Reading
  5. Bulan Buku Jogja
  6. Community Day Discussion

Kontak:

Telepon          : 0274-511314
Email               :perpus_jogja@yahoo.co.id; jogja.perpus@yahoo.com

Related Post

Leave a reply