Pendiri Kampung Cyber Sabet Think Big Award

koko-cyber

JOGJA – Berkat kegigihannya membangun dan mengembangkan Kampung Cyber, Antonius Sasongko atau yang akrab disapa Koko berhasil mendapatkan Think Big Award dari AJE Indonesia, sebuah perusahaan yang memproduksi minuman Big Cola.

Sesuai namanya, penghargaan ini diberikan kepada individu-individu yang berani melakukan hal besar serta mampu meraih mimpi besar mereka.

Koko sendiri memulai inisiatif untuk menyediakan jaringan internet dan mengedukasi warga komunitas di RT 36 Taman Sari, Yogyakarta tentang teknologi sejak tahun 2008. Ia menginisiasi pengembangan Kampung Cyber karena melihat krisis ekonomi yang membuat sebagian warga Kampung Cyber kerap berganti pekerjaan.

“Kebanyakan warga disini sebenarnya mayoritas merupakan pekerja seni. Ada yang menjadi produsen batik, pelukis, atau musisi. Namun kerapkali kurang produktif. Lalu saya pun terbesit sebuah ide untuk bisa membuat jejaring antar warga sehingga mereka bisa mengoptimalkan potensi masing-masing,” kata Koko saat ditemui wartawan usai menerima penghargaan.

Berangkat dari situasi tersebut, Koko pun memikirkan cara yang efisien untuk mengoptimalkan potensi warga dan memperkuat media komunikasi antar anggota komunitas warga melalui pemanfaatan teknologi. Awalnya, akses internet hanya ada di rumah Koko.

Namun lama kelamaan, warga Kampung Cyber banyak yang sudah melek teknologi. Dan kini sudah ada 30 rumah yang telah memiliki akses internet dari Kampung Cyber.

Kampung Cyber sendiri merupakan sebuah wadah informasi untuk mempublikasikan aktivitas komunitas warga, serta pengenalan program baru.

“Meski awalnya banyak warga yang kesulitan hardware, namun kini sudah banyak yang melek internet. Bahkan ibu-ibu disini sudah mahir menggunakan jejaring sosial,” ujarnya.

Kini media jejaring yang ada di Kampung Cyber selain untuk menghubungkan komunikasi antar warga, juga untuk mempromosikan bisnis lokal yang dimiliki oleh para warga secara online.

Sejak Kampung Cyber aktif, potensi pasar yang disasar pun bisa lebih luas. Tak hanya itu omzet para pengusaha di Kampung Cyber bisa bertambah dua kali lipat.

Sumber : Tribunjogja

news

Author: 
    author
    JogjaLand

    Related Post

    Comments are closed.