Pelatihan Mekanisasi Alat Pertanian Kelompok Tani Bantul

panen-raya-petani-bantul

BANTUL – Dinas Pertanian dan Kehutanan (Dispertahut) Bantul menggelar pelatihan mekanisasi alat pertanian bagi sejumlah kelompok tani. Pelatihan ini digelar untuk meningkatkan kapasitas petani sehingga produktivitas pertanian dapat meningkat.

Ketua panitia penyelenggara, Waston Nurhadi mengatakan, kali ini petani diberikan pelatihan mengenai hand sprayer (alat penyemprot). Pelatihan ini digelar agar mekanisasi alat-alat pertanian berjalan secara maksimal.

“Sebelumnya pernah digelar pelatihan pompa air. Mekanisasi pertanian akan sangat membantu pengelolaan tanaman pertanian,” papar Waston di sela-sela kegiatan, Jumat (19/12/2014).

Yang ditekankan pada pelatihan kali ini adalah bagaimana kelompok tani dapat menggunakan alat pertanian sesuai aturan. Tidak jarang kata Wasto, alat pertanian diperuntukkan untuk keperluan yang tidak sebagaimana mestinya.

“Misalnya alat untuk irigasi pertanian malah digunakan untuk mencuci motor. Itu kan tidak sesuai aturan,” ujar Wasto mencontohkan.

Sekitar 50 kelompok yang ikut pelatihan akan memperoleh bantuan alat tersebut. Masing-masing kelompok akan memperoleh lima unit handsprayer.

Tidak hanya itu, dalam waktu dekat ini, kelompok tani juga akan memperoleh bantuan traktor dari Kementerian Pertanian (Kementan) sebanyak 37 unit.

“Saat ini traktor sudah di Kantor Dispertahut Bantul. Untuk bantuan hand sprayer dari APBD. Nilainya saya kurang tahu,” tambah Wasto.

Sumber : Tribunjogja

bantul news pertanian tani

Author: 
    author
    JogjaLand

    Related Post

    Comments are closed.