Pantai Samas Yogyakarta

pantai samas 2

Pantai Samas Yogyakarta, salah satu dari perkumpulan pantai di Kabupaten Bantul. Tepatnya terletak di Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Jaraknya 24 km dari pusat Kota Yogyakarta. Apabila wisatawan ingin memakai kendaraan umum dapat ditempuh dengan naik bis jurusan Jogja-Samas.

Pantai Samas telah dikenal dengan gulungan ombak-ombaknya yang besar yang sangat berbahaya jika digunakan untuk mandi dan terjun langsung ke laut. Ada juga delta-delta sungai, dan danau air tawar membentuk telaga atau yang disebut laguna. Laguna ini adalah hasil muara sungai Opak dan sungai Winongo. Wisatawan dapat bermain di laguna dengan menyewa perahu seharga Rp. 5000,.

pantai samas 3

Hal istimewa lain dari pantai ini adalah penangkaran penyu yang telah diberdayakan warga mulai tahun 2000. Pada awalnya para penyu dari samudra mendarat bebas di Pantai Samas, mengistirahatkan tubuhnya dan menelurkan beberapa telurnya. Para warga menemukannya dan menggunakannya sebagai umpan memancing di laut. Namun lama-kelamaan timbul kesadaran mereka untuk membudidayakaannya demi kelestarian hidup populasi penyu. Maka dibentuklah penangkaran penyu sedehana di Pantai Samas. Ada berbagai macam habitat penyu, diantaranya: Penyu Hijau, Penyu Blimbing, Penyu Lekang, dan Penyu Sisik. Selain itu, Pantai Samas Yogyakarta digunakan sebagai tempat pengembangan perikanan, udang galah, dan pemancingan oleh Sub Dinas Perikanan Propinsi DIY.

penangkaran penyu pantai samas

Setelah menikmati wisata alam dan wisata penyu, wisatawan juga dapat menikmati wisata budaya. Ada Upacara Kirab Tumuruning Maheso Suro, Labuhan Sedekah Laut, dan Pentas Seni Budaya yang biasanya digelar saat musim liburan dan lebaran.

Semua keindahan di Pantai Samas Yogyakarta itu dapat dinikmati dengan hanya membayar tiket Rp. 2.000,. Murah dan eksotis. Wisatawan pun dapat menikmati kenyamanan dan keamanan kendaraan.

Related Post

Leave a reply