Pantai Pok Tunggal Jogja

Pantai Indah Beridentitas Sebuah Pohon.

pantai pok tunggal 3

  • Akses

Pantai Pok Tunggal terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Tepatnya berjarak 50 km dari Wonosari dan 2 jam perjalanan dari pusat Kota Yogyakarta. Letaknya berada diantara Pantai Indrayanti dan Pantai Siung. Untuk mencapainya, wisatawan perlu berhati-hati karena jalan menuju lokasi cukup terjal belum diaspal, berkelok dan sempit. Melewati tebing yang tinggi, menantang adrenalin.

pantai pok tunggal

  • Keistimewaan

Setelah melewati perjalanan panjang melewati berbagai rintangan penuh tantangan, para wisatawan akan disambut oleh pemandangan menarik. Segala rasa lelah akan terbayar setelah memandang betapa indahnya pesona alam Pantai Pok Tunggal Jogja. Pantai ini akan menyambut wisatawan dengan hamparan pasir putih, bersambung dengan hempasan ombak biru yang jernih dan bersih. Membuat suasana hati nyaman dan damai. Di sebelah timur wisatawan akan melihat tebing-tebing setinggi 50 meter berdiri tegak berjaga di kawasan pantai. Ia bagaikan dinding yang membatasi pantai dengan daerah luar. Dari atas tebing ini wisatawan dapat melihat pemandangan pantai dan daerah sekitarnya. Selain itu, tempat ini strategis untuk menikmati keindahan sunset di sore hari. Jika beruntung, wisatawan juga dapat berjumpa dengan monyet-monyet yang sedang bermain di atas tebing.

pantai pok tunggal 2

Selain keindahan yang tersaji, ada satu hal istimewa ketika berkunjung ke Pantai Pok Tunggal, yaitu adanya sebuah pohon duras yang sangat besar di tepi pantai. Yang menarik, pohon ini berdiri miring, seakan melindungi satu bagian di sampingnya. Pohon ini telah ada semenjak beberapa tahun lalu dan menjadi identitas bagi pantai. Dari pohon itulah sebenarnya nama “Pok Tunggal” berasal, yang tak lain adalah nama akrab yang diberikan masyarakat untuk si pohon.

pantai pok tunggal 6

  • Fasilitas

Potensi alam di Pantai Pok Tunggal Jogja telah dimanfaatkan penduduk sebagai wahana wisata, tepatnya mulai Mei 2012. Beberapa langkah dilakukan, salah satunya dengan menyediakan penginapan pada para wisatawan. Jangan dibayangkan penginapan ini berupa bangunan megah, bukan. Melainkan penginapan menggunakan tenda di sekitar pantai. Tujuannya agar wisatawan dapat menyatu secara langsung dengan alam. Untuk menyewanya, wisatawan harus membayar Rp. 200.000/pax tiap malam, dengan fasilitas: 2x makan, minum, snack, toilet, air bersih, keamanan, dan pemandu wisata. (Um-R)

pantai pok tunggal 5 pantai pok tunggal 4

Map

Related Post

Leave a reply