Mahasiswa KKN Undip Beri Sosialisasi Pentingnya Digital Marketing dan PHBS Kepada Pelaku UMKM

20200818_161520

Gambar 1. Sosialisasi Digital Marketing

Kabupaten Magelang (10/8/2020) – Pandemi Covid-19 memiliki dampak yang sangat besar terhadap seluruh sektor kegiatan masyarakat. Seluruh kegiatan perkantoran dan juga pendidikan dilakukan secara daring. Begitupula dengan Universitas Diponegoro (Undip) yang mengadakan kegiatan perkuliahan secara jarak jauh dan daring terutama untuk kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). KKN di tahun 2020 ini merupakan KKN pertama yang dilakukan secara daring dan dilaksanakan secara individual dengan pelaksanaan di desa atau domisili masing-masing mahasiswa. Hal ini dilakukan guna menekan angka penyebaran Covid-19 di Indonesia. Untuk pelaksanaan KKN yang melibatkan masyarakat sekitar, pihak Undip memerintahkan mahasiswa untuk mengikuti protokol kesehatan. Tema yang di angkat oleh Undip untuk KKN tahun ini adalah “Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDG’s)”

20200818_161522

Gambar 2. Sosialisasi PHBS

Sektor perekonomian Indonesia mengalami penurunan akibat adanya Pandemi Covid-19, yang menyebabkan banyaknya pegawai yang mengalami PHK atau bahkan mengalami kebangkrutan usaha. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu yang mengalami kesulitan selama pandemi. Menurut Menteri Koperasi dan UMKM, Teten Masduki, sebanyak 47% UMKM berhenti berusaha karena terdampak oleh Covid-19. Melihat dari permasalahan UMKM yang terjadi pada saat ini, salah satu mahasiswa KKN Tim II Undip bernama Dypa Andini melakukan program edukasi tentang digital marketing kepada pelaku UMKM yang terdampak Covid-19 di wilayah Perumahan Pesona Kota Mungkid Desa Donorojo Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang. Edukasi tentang digital marketing ini diharapkan dapat membantu pelaku UMKM untuk mengembangkan bisnisnya dan mendapatkan peningkatan pendapatan.

 

20200818_161526

Gambar 3. Sosialisasi tips and tricks bagi UMKM

Dengan adanya pengetahuan tentang digital marketing, pelaku UMKM dapat memperkenalkan produk dan atau jasanya dengan lebih luas dan mudah. Digital Marketing sendiri merupakan kegiatan promosi dan pencarian pasar melalui media digital secara daring dengan memanfaatkan berbagai sarana misalnya jejaring sosial. Pada zaman yang sudah serba modern ini, mayoritas masyarakat Indonesia sudah menggunakan internet dan media sosial. Terhitung sampai Januari 2019, sebanyak 93% pengguna internet di Indonesia melakukan pencarian barang atau jasa secara daring, 90% pengguna mengunjungi toko daring dengan berbagai perangkat, 86% pengguna melakukan transaksi daring dari berbagai perangkat (laptop dan smartphone). Berdasarkan data tersebut, dapat diketahui bahwa pemasaran secara digital perlu dilakukan oleh para pelaku usaha.
Masih terdapat beberapa pelaku UMKM di Perumahan Pesona Kota Mungkid yang belum memanfaatkan pemasaran digital secara maksimal. Mereka belum teredukasi tentang apa itu digital marketing dan jenis-jenis dari digital marketing itu sendiri. Hal ini yang dimanfaatkan oleh Dypa untuk memberikan sosialisasi tentang digital marketing kepada beberapa pelaku UMKM yang berada di Perumahan Pesona Kota Mungkid. Sosialisasi ini dilaksanakan secara door to door kepada beberapa pelaku UMKM yang ada. Selain sosialisasi tentang digital marketing, Dypa juga melakukan sosialisasi tentang pentingnya Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam menjalankan usaha supaya masyarakat lebih memerhatikan kebersihan dan kesehatan guna mengurangi penularan Covid-19 khususnya di lingkungan Perumahan Pesona Kota Mungkid. Kegiatan sosialisasi berjalan dengan lancar dan peserta tampak antusias dalam mengkuti acara sosialisasi tersebut karena merasa materi yang diberikan penting untuk kegiatan bisnis yang mereka jalankan.

 

20200818_161531

Gambar 4. Pengelolaan Perpustakaan Desa

Sebelum melaksanakan kegiatan KKN di Desa Donorojo, KKN Tim II Kabupaten Magelang melakukan perijinan ke Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) untuk mendapatkan surat perijinan pelaksanaan KKN yang selanjutnya diteruskan ke Kecamatan dan Kelurahan masing-masing mahasiswa. Perijinan yang dilakukan oleh Dypa ke Kelurahan Donorojo mendaptakan ijin dan bahkan arahan dari pihak Kelurahan. Arahan yang diberikan adalah untuk bergabung dengan KKN dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang juga sedang melaksanakan KKN di Desa Donorojo untuk mengelola perpustakaan desa. Sebelum ini, perpustakaan Desa Donorojo ditutup selama 4 bulan karena adanya pandemi Covid-19. Setelah penutupan selama 4 bulan, pihak kelurahan memutuskan untuk membuka kembali perpustakaan desa dengan meminta bantuan mahasiswa KKN UNY dan juga Dypa sebagai mahasiswa KKN Undip untuk mengelola perpustakaan. Pengelolaan perpustakaan desa meliputi kegiatan penataan ulang, input data buku-buku yang baru masuk, administrasi, serta penjagaan perpustakaan.

20200818_161534

Gambar 5. Input data buku perpusatakaan desa

Dengan adanya program sosialsisasi digital marketing dan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) diharapkan pelaku UMKM dapat lebih memerhatikan kebersihan dan kesehatan serta dapat meningkatkan pendapatan dari UMKM itu sendiri.
#KKNtimIIperiode2020
#p2kknundip
#lppmundip
#undip
#KKNkabmagelang

Penulis : Dypa Andini / Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Editor: dr. Farmaditya Eka Putra M, M.Si.Med., PhD.

Layouter : Moh. Sami’udin 

Related Post

Comments are closed.