Kemegahan Candi Prambanan, Candi Termegah di Asia Tenggara

Kemegahan Candi Prambanan, Candi Termegah di Asia Tenggara

Kemegahan Candi Prambanan, Candi Termegah di Asia Tenggara

Kemegahan Candi Prambanan, Candi Termegah di Asia Tenggara

Indonesia tak hanya di kenal dengan kecantikan alamnya saja melainkan juga dikenal dengan kekayaan budaya dan sejarahnya. Candi Prambananadalah salah satu bangunan bersejarah yang membuktikan tingginya nilai budaya di Indonesia sejak zaman dahulu. Bangunan yang berdiri megah diatas lahan seluas 39,8 hektar ini menjadi saksi sejarah perjalanan nenek moyang bangsa Indonesia.

 

Keindahan dan kemegahan Candi yang terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta tersebut menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan asing maupun domestik. Hal ini terbukti dari banyaknya jumlah pengunjung situs kuno tersebut setiap tahun. Didalam kompleks Prambanan ini, banyak sekali situs-situs kuno yang memiliki cerita dan sejarah masing-masing.

 

Bangunan-bangunan Candi Prambanan yang Eksotis

Candi Prambananmerupakan sebuah candi yang dibangun pada abad ke-10 yang mana pada waktu itu agama Hindu berkembang pesat di Pulau Jawa. Pada bangunan utama Candi, terdapat tiga bangunan utama yang berdiri megah dan kokoh yakni Candi Brahmana, Candi Siwa dan Candi Wisnu. Ketiga bangunan Candi tersebut menggambarkan trimurti atau tiga dewa dalam kepercayaan Hindu yakni Brahmana, Wisnu dan Siwa.

 

Tak jauh dari lokasi tiga candi utama, Anda dapat menemukan Candi-candi yang mendampingi ketiga candi utama tersebut yakni; Candi Nandini yang terletak tak jauh dan berdampingan dengan Candi Siwa, Candi Angsa yang mendampingi Candi Brahmana dan Candi Garuda yang mendampingi Candi Wisnu. Tidak hanya memiliki enam Candi, di dalam kompleks Prambanan juga terdapat situs bersejarah lain seperti situs Ratu Boko dan Candi Sewu.

 

Selain Situs Ratu Boko dan Candi Sewu, ada pula beberapa Arca yang bisa Anda temukan disana. Apakah Anda pernah mendengar kisah tentang Roro Jonggrang yang meminta untuk dibuatkan Candi oleh calon suaminya yakni Bandung Bondowoso? Apakah Anda penasaran benarkah hal tersebut terjadi? Nah, jika Anda penasaran, di dalam kompleks ini, Anda juga bisa menemukan arca Roro Jonggrang yang menurut legenda dikutuk oleh Bandung Bodowoso. Menarik Bukan?

 

Tips Liburan Ke Candi Prambanan Bersama Keluarga

Bagi Anda yang sangat tertarik dengan sejarah dan kebudayaan, Candi Prambananbisa menjadi alternatif destinasi wisata Anda bersama keluarga. Tidak hanya memiliki nilai sejarah dan budaya yang tinggi, arsitektur dari bangunan candi termegah di Asia Tenggara ini juga sangat cantik dan unik. Apakah Anda tertarik untuk mengunjungi bangunan bersejarah tersebut? Jika tertarik, berikut ini beberapa tips untuk Anda.

 

Candi Prambananterletak di daerah Bokoharjo, Kecamatan Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi wisata ini sangat disarankan bagi Anda yang berlibur bersama anak-anak. Anda bisa memulai perjalanan untuk mengunjungi Candi tersebut dengan menuju Yogyakarta terlebih dahulu. Setelah sampai di Yogyakarta, Anda bisa memanfaatkan angkutan umum seperti transjogja dengan tujuan Prambanan. Memanfaatkan angkutan umum ini akan memberikan Anda beberapa keuntungan. Anda tidak perlu repot mencari lahan parkir setelah sampai di lokasi candi. Selain itu, perjalanan Anda juga akan terasa lebih nyaman dan tidak melelahkan.

 

Perlu Anda perhatikan, jika membawa anak-anak sebaiknya Anda harus lebih berhati-hati dan melakukan pengawasan ketat. Jangan sampai anak Anda tersesat karena akan sulit untuk menemukannya. Hal tersebut dikarenakan kompleks candi yang begitu luas dan banyaknya wisatawan yang berkunjung.

 

Informasi selanjutnya yakni mengenai tiket masuk. Untuk masuk kedalam candi, Anda hanya perlu membayar tiket masuk senilai 30.000 rupiah untuk dewasa dan 12.500 rupiah untuk anak-anak. Untuk mengelilingi kompleks Candi Prambanan, Anda akan membutuhkan waktu kurang lebih selama tiga jam. Bagaimana, apakah Anda tertarik?

Candi Termegah di Asia Tenggara Kemegahan Candi Prambanan

Author: 
    author
    JogjaLand

    Related Post

    Comments are closed.