Keindahan Alam di Pantai Indrayanti

Keindahan Alam di Pantai Indrayanti

Keindahan Alam di Pantai Indrayanti

Keindahan Alam di Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti menawarkan keindahan panorama alam yang menawan. Pantai ini terletak di Tepus di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Lebih tepatnya, pantai ini berada di Desa Sidoharjo sekitar 47 kilometer dari Selatan pusat Kota Yogyakarta. Pantai tersebut memiliki air laut yang bersih dan tampak biru dihiasi hamparan pasir putih yang indah.

 

Selain menikmati keindahan alamnya, di Pantai Indrayanti kita bisa bermain air dan bermain pasir. Dikarenakan ombaknya yang cukup besar, disana pengunjung tidak bisa berenang dengan bebas. Di tepi pantai juga tersedia payung-payung teduh sebagai tempat untuk duduk bersantai. Payung-payung tersebut bisa disewa dengan harga yang cukup terjangkau untuk dipakai hingga puas.

 

Asal-Usul Nama Pantai Indrayanti

Nama yang dimiliki pantai ini cukup kontroversial. Pasalnya, pemerintah kabupaten Gunung Kidul telah menamai pantai tersebut sebagai Pantai Pulang Syawal. Akan tetapi, masyarakat terlanjur familiar dengan nama Indrayanti untuk menyebut pantai ini. Tidak hanya masyarakat lokal saja, para wisatawan juga lebih mengenal pantai tersebut sebagai Pantai Indrayanti.

 

Ada cerita dibalik pemberian nama Indrayanti sendiri. Pantai yang merupakan pantai terbersih di Yogyakarta ini diambil dari nama seseorang. Di kawasan tersebut ada seorang pemilik restoran terdekat bernama Indrayanti. Nama Indrayanti yang terpampang jelas di depan restoran menjadikan pantai ini disebut dengan nama Indrayanti.

 

Keunikan di Pantai Indrayanti

Kawasan Gunung Kidul dipromosikan oleh pihak setempat sebagai surganya wisata pantai. Semenjak saat itu, hal tersebut mampu mengubah predikat yang pernah disandang kawasan ini. Sebelumnya, daerah Gunung Kidul terkenal sebagai tempat yang kering dan panas, serta sulit air bersih. Berkat promosi yang dilakukan, predikat tersebut perlahan-lahan mulai luntur.

 

Sebelum Pantai Indrayanti populer di kalangan pengunjung, ada beberapa pantai sejalur yang letaknya berdekatan yang sudah dikenal terlebih dahulu. Pantai-pantai tersebut diantaranya adalah Pantai Sepanjang, Pantai Kukup, dan Pantai Baron. Lambat laun Pantai Pulang Syawal mulai dikenal oleh masyarakat hingga menjadi populer. Hal ini dikarenakan pemandangan pantai yang lebih indah dengan adanya pasir putih dan air laut biru kehijauan.

 

Pihak setempat juga turut mendukung perawatan untuk pantai ini. Jika Anda menikmati keindahan panorama pantai sambil ngemil, siapkan kantong sampah pribadi sebelumnya. Karena jika Anda membuang sampah sembarangan akan dikenakan denda bagi Anda. Peraturan di pantai tersebut adalah denda sebesar sepuluh ribu rupiah per sampah bagi yang membuang sampah sembarangan.

 

Peraturan yang dibuat tersebut mampu menjadikan kawasan ini lebih indah. Objek wisata yang kaya terumbu karang ini bisa memiliki suasana lain dari pantai-pantai yang berdekatan. Kawasan ini memiliki pantai yang lebih bersih dan sedap dipandang mata. Hal ini menjadikan pengunjung akan rindu untuk mengunjunginya kembali.

 

Di Pantai Pulang Syawal terdapat kurang lebih sepuluh petugas lifeguard. Para petugas tersebut akan mengawasi para pengunjung yang datang. Mereka akan mengingatkan Anda untuk tidak berenang di pantai. Mereka juga akan memberikan pertolongan pertama bagi yang terlanjur tersengat ubur-ubur atau menginjak bulu babi saat di laut.

 

Di pantai ini juga tersedia tangga-tangga kecil untuk melakukan olahraga naik-turun tebing. Bagi penggemar olahraga ini, Anda bisa memanjat karang yang berada di bibir pantai. Ada pula persewaan jet ski di Pantai Indrayanti untuk para wisatawan. Tak hanya itu, disana juga terdapat resto-resto seafood yang berjejeran sebagai tempat makan yang nyaman bagi pengunjung.

 

pantai pantai indrayanti wisata pantai wisata wonosari

Author: 
    author
    JogjaLand

    Related Post

    Comments are closed.