Indahnya Air Terjun Pantai Jogan

airterjun jogan yang indah

JogjaLand.net – Pantai Jogan, yaitu satu-satunya pantai gunung kidul yg menurut saya paling unik Keunikannya terletak kepada air terjun yg langsung jatuh ke laut. Pantai ini terdiri dari tebin-tebing tinggi, dinding-dinding tebing yg tajam & bebataun-bebatuan koral dan memiliki sedikit sekali pasir pantainya. Pasir pantainya akan terlihat disaat laut dalam kondisi surut.

Pantai ini letaknya dekat dg pantai Siung, tepatnya di desa Purwodadi, Tepus, Gunungkidul, Jogjakarta. Dari Jogjakarta perjalanannya kira-kira 2 jam, kita dapat melintasi jalan wonosari menuju kota Wonosari dulu ambil kearah pantai Siung (ada papan jalannya) & ikuti jalan tersebut hingga di gapura loket pantai Siung. Hati-ati dalam perjalanan dikarenakan jalan naik turun, tidak sedikit belokan tajam. Sesudah melintasi gapura loket pantai siung, di kanan jalan ada papan petunjuk arah pantai Jogan dgn jalan cor-coran semen. Ikuti jalan setapak tersebut sampai ketemu pantai Jogan.

Sepanjang jalan masuk kiri jalan bakal nampak sungai mungil yg mengalir, itu yaitu cikal akan air terjun Jogan. Air sungai tersebut berasal dari bukit-bukit karst yg ada disana. Mengunjungi pantai ini baiknya disaat musim hujan, peralihan hujan ke kemarau. Kala kami kesini masa kemarau air terjunnya tidak ada lantaran mata air air terjun Jogan ini kering.

Sesampainya di pantai, kita tak dapat melihat air terjunnya kamu harus berjalan 50-100 m dari area parkiran motor. Sesampainya di pantai kamu seketika akan takjub dgn pemandangan indah pantai ini. nada ombak, gemerincik air terjun, hembusan angin seolah mengobati perjalanan 2 jam kami dari jogjakarta. Terdapat pijakan-pidakan mungil kalau mau turun menikmati air terjun dari bawah tetapi waktu itu konsidi laut sedang pasang, sangat berbahaya sekali apabila memaksakan untuk turun.  menikmati pemandangan laut selatan dari tebing-tebing pantai Jogan memang sangat indah sekali .

Author: 
    author
    JogjaLand

    Related Post

    Comments are closed.