Guna Putus Rantai Penyebaran Covid-19. Mahasiswa Fakultas Teknik Undip Ciptakan “Handsanitizer Handless” dan Lakukan Sosialisasi New Normal via Door to Door

Payaman, Magelang (12/8) Mulai tanggal 5 Juli 2020 Universitas Diponegoro menerjunkan Mahasiswa KKN Tim II kepada masyarakat di daerah masing-masing, yaitu tempat asalnya tinggal untuk melakukan pengabdian program kerja yang disebut sebagai KKN Pulang Kampung. Seraya dengan halnya Muhamad Deva Valenko Pratama, atau yang akrab disapa Deva, mahasiswa KKN TIM II UNDIP 2020 yang melakukan program pertama yaitu pembuatan “Handsanitizer Handless” yang terbuat dari paralon untuk warga Pondok Asri 2 Magelang.
Guna mengembangkan program kerja untuk masyarakat, mahasiswa melakukan pendalaman studi pustaka (literatur) dan menciptakan “Handsanitizier Handless”  berbahan paralon. Lalu dilanjutkan dengan pembuatan “Handsanitizier Handless”  dari paralon serta melakukan uji coba dan sosialisasi kepada warga RT 34 RW 14 Desa Payaman, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang dengan metode door to door. Guna dalam pencegahan untuk adanya per kumpulan massa ditengah masa pandemic dari COVID-19.

 

IMG-20200814-WA0101

Sabtu (18/7) Pengerjaan “Handsanitizer Handless” telah rampung dikerjakan dan akan disosialisasikan
“Program pembuatan “Handsanitizer Handless” yang dilaksanakan dek Deva sangat menarik dan patut diapresiasi. Harapannya dalam program pembuatan “Handsanitizier Handless”  ini agar masyarakat di Perumahan Pondok Asri 2 dapat menjaga kebersihan tangannya tanpa harus menyentuhnya” ujar Kepala RW 14 Pondok Asri 2, Pak Suryanto.

 

IMG-20200814-WA0098

IMG-20200814-WA0099

Rabu (29/7) Melakukan sosialisasi door to door kepada warga Pondok Asri 2 Payaman

 

Selain ciptakan alat, ia juga melakukan sosialisasi starter kit untuk New Normal menggunakan poster. Sosiaisasi yang dilakukan oleh Deva ini guna menumbuhkan kesadaran warga terhadap protokol kesehatan era New Normal ini. Banyak sekali warga yang belum memahami dan belum sadar betapa pentingnya patuh akan protokol kesehatan ini. Oelah karenanya, Sosialisasi mengenai New Normal yang dilakukan secara door to door ini sangatlah baik dilakukan untuk membantu warga memahami apa saja yang perlu dipersiapkan saat New Normal seperti ini.

 

IMG-20200814-WA0100

Senin (3/8) Penempelan Poster Starter Kit New Normal di tempat yang strategis

Selain melakukan aksi door to door untuk sosialisasi, poster mengenai New Normal ini juga di tempel di area strategis seperti di papan pengumuman yang letaknya di depan pintu masuk Perumahan Pondok Asri 2 Payaman. Hal ini dilakukan agar warga sekitar dan juga tamu dapat membaca nya sehingga dapat memahami protokol kesehatan di era New Normal seperti ini.

Oleh : Muhamad Deva Valenko Pratama  (21070117130095) Teknik Industri – Fakultas Teknik

Editor : Dr. Farmaditya Eka Putra, M.Si., Ph.D.

Layouter : Moh. Sami’udin

Related Post

Comments are closed.