Bupati Cari Pemukiman Kumuh untuk Dibedah Rumah

rumah-

KULONPROGO - Di awal 2015 ini, Pemkab Kulonprogo melakukan kajian untuk menentukan perkampungan yang dikategorikan kumuh. Rencananya, perkampungan-perkampungan tersebut kemudian akan ditata secara komprehensif, terutama mengenai tata lingkungannya.

Bupati Hasto Wardoyo mengatakan, sebagai tahap awal, pembenahan wilayah yang dimaksud adalah melalui program baru berupa bedah kampung. Rencananya, awal 2015 dilakukan bedah kampung untuk lima kampung kumuh.

“Ini berbeda dari bedah rumah. Bedah kampung prioritasnya pembenahan kampung kumuh,” kata Bupati kemarin.

Kategori kampung kumuh dalam konteks ini, dijelaskan kriterianya belum tersedia fasilitas umum layak, misal jalan, kurang prasarana dan syarat kesehatan, antara lain ketersediaan jamban, saluran pembuangan air, limbah, dan lain-lain.

“Kajian sedang dilakukan untuk menentukan wilayah yang tepat mendapat program bedah kampung,” lanjutnya.

Menurutnya, kajian dilakukan oleh Dinas Sosial. Harapannya, lima wilayah di awal 2015 merata di lima kecamatan. Meski demikian, hal itu juga tergantung pada hasil kajian nanti. Sebagai dasarnya, setelah selesai kajian akan keluar SK bupati.

“Bedah kampung akan menjadi solusi persoalan pembangunan menyeluruh. Imbasnya bukan perorangan tetapi banyak aspek,” ujar Bupati.

Kepala Dinsosnakertrans Kulonprogo, Eko Pranyoto, mengatakan hal senada. Menurutnya, program bedah kampung akan direalisasikan pada 2015. Pihaknya menegaskan bedah kampung akan mendapat anggaran dari Kemensos.

Sumber : Tribunjogja

bantuan Kulonprogo news

Author: 
    author
    JogjaLand

    Related Post

    Comments are closed.