BEBERAPA PLATFORM YANG DAPAT DIGUNAKAN UNTUK MEDIA PEMBEJALARAN ONLINE

523 views

download (1)

  1. Google Classroom

Classroom adalah rangkaian fitur produktivitas gratis yang mencakup email, dokumen, dan penyimpanan. Classroom dirancang bersama dengan para pengajar untuk membantu mereka menghemat waktu, menjaga agar kelas tetap teratur, dan meningkatkan komunikasi dengan siswa. Di masa pandemi seperti ini platform google classroom menjadi aplikasi favorit yang digunakan oleh beberapa guru dan murid. Selain itu salah satu kelebihan dari classroom ini adalah platform ini berintegrasi dengan fitur google lainnya seperti, gmail, google drive, google meet. Google Classroom ini terjangkau dan aman yang disediakan gratis untuk sekolah, lembaga nonprofit, dan perorangan serta tidak berisi iklan dan tidak pernah menggunakan konten pengguna atau data siswa untuk tujuan periklanan. Perangkat yang mendukung Google Classroom dapat diakses menggunakan internet di komputer dengan browser apa pun, seperti Chrome, Firefox, Internet Explorer, termasuk Safari. Secara umum, Google Classroom mendukung rilis browser utama secara berkelanjutan. Dengan kata lain, tidak perlu instalasi lantaran Google Classroom berbasis website. Akan tetapi, instalasi diperlukan bila mengakses Google Classroom melalui perangkat bergerak, lantaran juga tersedia untuk perangkat seluler berbasis Android dan IOS.

 

Reza 1

  1. Google Meet

Google Meet adalah produk dari Google yang merupakan layanan komunikasi video yang dikembangkan oleh Google. Aplikasi ini adalah salah satu dari 2 aplikasi yang merupakan versi baru dari versi terdahulunya yaitu Google Hangouts dan Google Chat. Pihak Google sendiri telah menghentikan versi klasik Google Hangouts pada Oktober 2019 silam. Tentunya Google Meet datang dan menawarkan banyak fitur yang bisa membantu penggunaan perorangan dan perusahaan hingga skala besar sekalipun. Berikut ini fitur- fitur yang bisa Anda andalkan dari Google Meet :

  1. Dapat mengundang hingga 100 peserta per panggilan untuk pengguna G Basic Suite, 150 orang bagi pengguna G Suite Business dan 260 orang per meeting untuk pengguna yang membeli paket G Suite Enterprise.
  2. Mempunyai kemampuan untuk bergabung dengan rapat dari web atau melalui aplikasi yang di instal oleh pengguna smartphone Android dan iOS.
  3. Kemampuan untuk melakukan rapat online dengan nomor dial-in.
  4. Jika pengguna edisi G Suite Enterprise memakai nomor dial-in, maka kata sandi atau password pengguna akan terlindungi.
  5. Integrasi dengan Google Calendar untuk melakukan panggilan rapat sekali klik.
  6. Berbagi layar untuk menyajikan dokumen, spreadsheet atau presentasi.

 

download

  1. Aplikasi ZOOM

Zoom adalah Sebuah layanan konferensi video berbasiskan cloud computing. Aplikasi ini mengizinkan kamu untuk bertemu dengan orang lain secara virtual, entah itu dengan panggilan video, suara, atau keduanya. Menariknya, semua percakapan via Zoom bisa direkam untuk dilihat lagi nantinya. Akan tetapi zoom ini masih berbasis aplikasi yang harus di download terlebih dahulu melalui browser. Ada Banyak sekali Fitur-fitur Zoom yang bisa kita manfaatkan sesuai dengan kebutuhan baik itu grup, kerjaan, dan hal hal lainnya. Bahkan ada juga yang memanfaatkan aplikasi Zoom Meeting untuk melaksanakan Video Conference. Berikut adalah fitur- fitur inti aplikasi rapat Zoom yang sangat mempermudah konferensi rapat online Anda:

  1. Pertemuan rapat one-on-one.

Host atau tuan rumah dapat melakukan pertemuan persatuan atau one-one-one tanpa batas bahkan dengan paket gratis sekalipun. Anda juga dapat dengan mudah melakukan manage terhadap user yang bergabung pada Konferensi meeting Anda dengan menggunakan Aplikasi Zoom

  1. Konferensi rapat grup video.

Anda dapat mengundang hingga 500 orang peserta jika Anda membeli add-on untuk rapat besar. Namun paket gratis memungkinkan Anda untuk menyelenggarakan konferensi rapat format video hingga 40 menit dan sampai 100 peserta. Zoom sangat mudah digunakan bahkan dengan koneksi yang lambat sekalipun.

  1. Sharing screen & Chat

Peserta dapat bertemu dalam format one-one-one atau dengan kelompok besar serta berbagi layar Anda dengan peserta lain sehingga mereka dapat melihat apa yang Anda lihat. Hal ini sangat berguna bagi kita yang menggunakan Zoom untuk rapat perkejaan, mempresentasikan proyek dengan client, dan lainnya. Untuk peserta juga dalam melakukan Chat ke semua user atau juga ke user lain secara Private. Fitur ini sangat bermanfaat untuk diskusi antar peserta yang hadir untuk rapat dan Conference. Bisa juga dimanfaatkan untuk sesi FAQ atau tanya jawab dengan menginformasikan pertanyaan pada Fitur Chat ini.

  1. Fitur Recording Video Call

Satu lagi yang tidak kalah keren dari Zoom, Kita bisa melakukan Recording atau merekam Video Call yang kita lakukan, hal ini sangat bermanfaat bagi pengguna yang melaksanakan Video Conference dimana nantinya videonya akan di upload kembali atau di edit agar lebih baik sebelum di publikasi ke umum.

 

Penulis : Febrianto Bayu P 

Pimpinan Redaksi : M. Reza Afrizal

Editor : Rifky Sutanto

Layouter : Moh. Sami’udin

Related Post

Comments are closed.