Pesisir Selatan DIY Miliki Potensi Terjadinya Tsunami

ombak-pantai-kulonprogo

BANTUL – Sebanyak 33 desa di DIY memiliki potensi terdampak tsunami di selatan pulau Jawa. Hal ini terjadi lantaran kondisi geografis desa-desa tersebut memang berada di bibir pantai.

Dari pendataan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY, desa-desa tersebut tersebar di Kabupaten Kulonprogo sebanyak 10 desa di 3 kecamatan, Bantul sebanyak 5 desa di 3 kecamatan, dan Gunungkidul 18 desa di 6 kecamatan.

Sementara, berdasarkan sebaran titik rawan ini, sekitar 100 ribu jiwa terancam menjadi korban tsunami (berdasarkan pendataan tahun 2012).

Sedangkan luasan daerah terdampak adalah sejauh dua sampai tiga kilometer dari bibir pantai.

Terkait hal itu, Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana BPBD DIY, Heri Siswanto mengatakan tsunami besar hanya akan terjadi jika dipicu oleh gempa dengan magnitude diatas 8 skala richter. Ketinggian gelombangnya bahkan bisa mencapai 11 meter jika terjadi gempa dengan magnitude 9 SR.

“Sedangkan gelombang tsunami memerlukan waktu 29 menit untuk mencapai daratan,” katanya dalam Workshop Peringatan Dini Tsunami yang digelar oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta, Senin (14/9).

Sumber : TribunJogja

news

Author: 
    author
    JogjaLand

    Related Post

    Comments are closed.