Pemkab Gunungkidul Akan Manfaatkan Sampah Jadi Biogas

gunungkidul

GUNUNGKIDUL – Pemerintah Kabupaten Gunungkidul berencana untuk memanfaatkan sampah dari Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Wukirsari sebagai sentra produksi biogas.

Wakil Bupati Gunungkidul, Immawan Wahyudi, mengatakan rencana menjadikan TPAS Wukirsari sebagai sentra produksi biogas hingga saat ini masih menjadi wacana. Namun demikian, TPAS Wukirsari memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi sentra penghasil biogas. Dengan begitu, nantinya bisa memberikan manfaat yang lebih bagi masyarakat.

“Itu menjadi impian kami ( menjadi penghasil biogas),” katanya akhir pekan lalu.

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut mengaku, untuk merealisasikan rencana pengembangan biogas dari TPAS Wukirsari ini, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Perindustrian Perdagagangan Koperasi dan Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) dan instansi terkait.

Dari pemaparan awal, memang untuk mengolah sampah menjadi biogas cukup rumit. Selain itu juga membutuhkan anggaran yang cukup besar. “Kita sudah mendapatkan pemaparan awal, memang dibutuhkan anggaran yang cukup besar,”jelasnya.

Sementara terkait dengan keluhan warga tentang bau busuk dari TPAS Wukirsari, Immawan mengaku dirinya sudah meminta Dinas Pekerjaan Umum (DPU) melalui UPT Kebersihan dan Pertamanan Gunungkidul untuk melakukan upaya meminimalisir penyebaran bau.

“Dari pemaparan yang disampaikan petugas, bau busuk dapat dikurangi dengan menimbun sampah dengan tanah. Saya langsung instruksikan kepada petugas di lapangan aga bisa meminimalisir bau,”jelasnya.

Sumber : Tribunjogja

news

Author: 
    author
    JogjaLand

    Related Post

    Comments are closed.