Pantai Krakal Yogyakarta

Pantai Terpanjang dan Terindah di Gunung Kidul.

pantai krakal 3

  • Akses

Pantai Krakal terletak di Desa Ngertirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Berjarak 21 km dari Wonosari dan 38 km dari pusat Kota Yogyakarta. Letaknya berdekatan dengan pantai-pantai lain di Gunung Kidul, yaitu: Baron, Kukup, dan Sundak.

  • Keistimewaan

Pantai Krakal Yogyakarta dipercaya berasal dari dasar laut. Karena peristiwa alam, terjadi pengangkatan kerak bumi ke permukaan. Maka semakin lama ia muncul menjadi daratan dan jadilah Pantai Krakal yang sekarang ini. Pantai Krakal Yogyakarta mempunyai panjang 40.000 meter yang menjadikannya sebagai pantai terpanjang di Gunung Kidul, bahkan ada juga yang menyebutnya sebagai pantai terindah. Tak mengherankan dengan sebutan tersebut, karena begitu sampai di lokasi wisata, wisatawan akan disambut dengan pemandangan sangat mengagumkan.

pantai krakal

Memasuki wilayah pantai, wisatawan akan disambut pasir putih yang luas membentang, diselingi beberapa karang yang terpajang di beberapa sudut pantai. Di sebelah timur dan barat dibatasi dengan tebing karang. Pemandangan indah didukung dengan garis Pantai Krakal yang landai, membuat semua sajian jelas terlihat. Puas bermain dengan para pasir putih, wisatawan dapat memanjakan diri berbasah-basahan dengan menyeburkan diri di air. Perlu diperhatikan bahwa di bawah permukaan air banyak karang, ada yang tersembunyi dan banyak juga yang menyempul tampak ke permukaan. Oleh karenanya, wisatawan harus memakai alas kaki agar tidak terluka. Bagi wisatawan yang menyukai selancar, Pantai Krakal adalah tempat yang tepat karena ombaknya sangat mendukung untuk berselancar.

pantai krakal 4 pantai krakal 2

Selain itu, ketika musim kemarau tiba atau saat air laut surut, wisatawan dapat menemukan ikan-ikan hias seperti: Kepe, Bustum, Pogat dan Tliger. Kemunculan mereka bersamaan dengan munculnya para lumut pantai.(Um-R)

 

Related Post

Leave a reply