Pantai Baru Yogyakarta

pantai baru jogja

  • Sejarah

Pantai Baru Yogyakarta adalah pantai yang paling muda di Yogyakarta dan baru diresmikan sebagai obyek wisata pantai sejak Mei 2010. Awalnya dulu pantai ini banyak dikunjungi pengunjung terutama para nelayan. Mereka memanfaatkan pantai ini sebagai jalur pendukung ekonomi mereka untuk keluar masuk lautan. Sepulang dari laut mereka selalu membawa hasil tangkapan ikan segar. Melihat hal itu kemudian timbul keinginan mereka untuk mengawetkan ikan-ikannya dengan es batu agar ikan tetap segar. Namun, untuk menyediakan es batu di daerah itu sangatlah sulit, mengingat tidak adanya akses teknologi dan listrik, yang menjadikan tak mungkin ada pabrik es di kawasan mereka.

pantai baru jogja 6

Mereka lalu berinisiatif meminta bantuan kepada pemerintah agar disediakan tempat produksi es batu. Tak disangka kebetulan waktu itu Kementrian Riset dan Teknologi sedang mengembangkan listrik bertenaga alternatif, yaitu listrik tenaga matahari dan angin. Kemudian sebagai uji coba dipasanglah beberapa solar cell dan kincir di sekitar pantai. Akhirnya percobaan pun berhasil, sehingga Pantai Baru dianggap sebagai kawasan pengembangan listrik bertenaga alternatif terbesar di Indonesia. Lama-kelamaan kawasan ini dijadikan ladang riset, membuatnya banyak dikunjungi banyak pengunjung yang tentu dapat menambah nilai ekonomi. Maka diputuskanlah untuk membuka sebuah obyek wisata bernama Pantai Baru.

pantai baru jogja 7

  • Keistimewaan

Pantai yang tergolong baru ini dijuluki sebagai “pantai kincir angin”. Hal itu karena di kawasan Pantai Baru terdapat banyak kincir angin, yang tidak ditemukan di pantai-pantai lain di Yogyakarta. Itulah keistimewaan utama Pantai Baru. Namun yang tak kalah istimewa, tak jauh dari kawasan pantai terdapat kandang kelompok masyarakat yang dapat menghasilkan biogas. Program ini dikelola oleh kelompok kegiatan (Pokgiat) LPMD Ngentak dengan baik.

pantai baru jogja 5

Meskipun tergolong baru, pesona keindahannya tak kalah asyik dengan pantai-pantai lain di Yogyakarta. Pantainya tergolong besar, memanjang sepanjang 4 km. Alamnya teduh, ditumbuhi pohon-pohon cemara di sepanjang bibir pantai. Suasana tersebut sangat cocok bagi wisatawan untuk bersantai bersama keluarga atau teman. Di sebelah barat pantai, wisatawan dapat melihat bangkai paus yang terdampar beberapa waktu lalu.

pantai baru jogja 10

pantai baru jogja 8

  • Akses

Pantai baru terletak di Dusun Ngentak, Poncosari, Srandakan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Lokasinya bersebelahan dengan Pantai Kuwaru yang ada di sebelah barat dan Pantai Pandansimo di sebelah timur.

  • Tiket

Tiket masuk Pantai Baru Yogyakarta seharga Rp. 2000,.

laut

Related Post

Leave a reply