Pada Liburan Ini Wisatawan ke Yogya Meningkat 50 Persen

wisatawan_jogja

JOGJA – Yogyakarta tampaknya masih menjadi magnet bagi para wisatawan untuk datang berlibur. Libur panjang mulai dari Hari Raya Natal hingga Tahun Baru 2015 membuat kunjungan wisatawan di Yogyakarta melonjak.

Edwin Ismedi Himna selaku Ketua Association the Indonesian Tour and Travel Agencies (Asita) DIY mengatakan, lonjakan wisatawan pada libur akhir tahun ini melonjak hingga 50 persen dibandingkan tahun lalu. Hal ini terlihat dari okupansi hotel-hotel di Yogyakarta yang seluruhnya hampir 100 persen.

“Saat liburan akhir tahun ini, bisa dibilang wisatawan mulai kesusahan mendapatkan hotel. Padahal jumlah hotel di Yogyakarta juga semakin banyak,” kata Edwin saat dihubungi Tribun Jogja, Jumat (26/12/2014).

Tak hanya hotel-hotel di ring satu saja (sekitar Malioboro, red) yang okupansinya sudah full. Tetapi juga hotel-hotel di luar ring satu juga sudah mendekati 100 persen okupansinya.

Edwin juga menjelaskan di akhir tahun 2014 ini, wisata domestik kini banyak dipilih oleh para wisatawan. Hal ini terkait dengan kenaikan nilai tukar rupiah terhadap dollar, sehingga wisatawan yang biasanya berlibur ke luar negeri lebih memilih berwisata di dalam negeri.

“Kalau dulu di akhir tahun pasar wisatawan biasanya terpecah antara yang berlibur ke luar negeri dan yang berlibur ke dalam negeri. Namun karena sekarang ada kenaikan dollar, maka lebih banyak yang memilih perjalanan domestik,” jelasnya.

Sumber : Tribunjogja

hiburan JOGJA liburan wisata

Author: 
    author
    JogjaLand

    Related Post

    Comments are closed.