Mengenal Lebih Dekat Sejarah Keraton Yogyakarta

Mengenal Lebih Dekat Sejarah Keraton Yogyakarta

Mengenal Lebih Dekat Sejarah Keraton Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) merupakan daerah istimewa yang terletak di pulau Jawa. Yogyakarta dipimpin oleh Sultan yang disegani oleh seluruh masyarakat Yogyakarta. Jika Anda berkunjung ke kota gudheg ini, maka wajib bagi Anda untuk mengunjungi Keratonan untuk mengetahui sejarah Keraton Yogyakarta.

Keraton Yogyakarta adalah keraton yang dibangun oleh Kesultanan Yogyakarta. Pada awalnya Keraton Yogyakarta adalah bagian dari Kerajaan Mataram. Saat itu Kerajaan Mataram terpecah menjadi dua bagian yaitu Kesultanan Yogyakarta dan Kasultanan Surakarta.

Beberapa Versi Sejarah Keraton Yogyakarta

Saat ini Keraton Yogyakarta sudah menjadi bagian dari wisata budaya yang dibuka secara umum untuk wisatawan domestik maupun mancanegara. Datang ke Keraton ini tidak lengkap tanpa mengetahui Sejarah Keraton Yogyakarta yang memiliki beberapa versi yang harus perlu diketahui.

Versi pertama menyebutkan bahwa Keraton Yogyakarta awalnya adalah sebuah mata air yang dikenal dengan nama Umbul Pacethokan terletak di daerah hutan beringin. Kemudian pada tahun 1755 Sultan Hamenku Buwono I membuat sebuah keraton di daerah tersebut sebagai pusat pemerintahan yang sebelumnya berada di Pesanggrahan Ambar Ketawang.

Versi kedua menyebutkan bahwa dahulu Keraton Yogya merupakan sebuah Pesanggrahan bernama Garjitwati. Pesanggrahan tersebut adalah Pesanggrahan kuno sebagai tempat peristirahatan orang-orang yang mengiringi pemabwaan jenazah raja Mataram yaitu Surakarta dan Kartasura.

Keraton Yogyakarta memiliki beberapa komplek yang dibagi menjadi tujuh komplek. Komplek pertama bernama Siti HInggil Ler atau Balairung Utara, kedua bernama Kamandhungan Ler atau Kamandhungan Utara, ketiga kedhaton, keempat Sri Manganti, kelima Kamandhungan kidul atau Kamandhungan Selatan, keenam Kamagangan dan Siti Hinggil Kidul atau Balairung Selatan.

Ketika Anda mengunjungi Keraton Yogyakarta, Anda akan menemukan benda peninggalan kuno yang memiliki sejarah. Selain itu, Anda juga akan menemui bentuk upacara kesultanan dan lembaga adat beserta pemangku adatnya.

Bukan hanya sekedar mengetahui dan belajar tentang sejarah Keraton Yogyakarta saja. Namun, ketika Anda datang ke Keraton tersebut, Anda akan belajar mengenai filosofi budaya yang kental dan mitologi hang ada dalam Keraton Yogyakarta.

Misteri dalam Sejarah Keraton Yogyakarta

Nyi Roro Kidul merupakan sebuah cerita yang telah melegenda bukan hanya di daerah Jawa Tengah, namun sudah terkenal di daerah seluruh Indonesia. Cerita tentang Ratu Pantai selatan atau Ratu Kidul sangat dekat dengan sejarah Keraton Yogyakarta. Walaupun masih menjadi isu atau polemik, namun ada sebuah kejadian yang terjadi di Keraton Yogyakarta dan tercantum pada Babad Tanah Jawi.

Dalam buku Y. Argo Twikromo menuliskan anggapannya dalam bukunya yang berjudul Ratu Kidul. Buku tersebut menuliskan bahwa masyarakat merupakan komunitas tradisi yang mengutamakan keharmonisan, keseimbangan dan keselarasan hidup karena hidup berhubungan dengan lingkungan sekitar, maka memakan lingkungan adalah hal utama.

Hubungan dengan Sejarah Keraton Yogyakarta adalah masyarakat Keraton dan sekitarnya percaya tentang mitologi atau mitos bahwa makhluk halus selalu berdampingan dengan manusia. Salah satunya adalah penguasa pantai selatan yang mengitari daerah Yogyakarta. Maka dari itu, untuk menciptakan keseimbangan hidup harus berkomunikasi dengan makhluk halus.

Kepercayaan kepada Ratu Kidul tersebut direalisasikan dan diaktualisasikan dengan sebuah upacara labuhan yang merupakan upacara Tradisional Keraton dan diselenggarakan di pantai selatan, Yogyakarta. Upacara tersebut diselenggarakan bertepatan dengan ulang tahun Sri Sultan Hamenku Buwono disesuaikan dengan perhitungan Jawa. Tujuan dari upacara tersebut adalah untuk menjaga keseimbangan dan kesejahteraan masyarakat Yogyakarta. Sejarah Keraton Yogyakarta yang memiliki hubungan dengan Nyi Ratu Kidul sangat menarik karena ada sebuah Sumur Gumuling yang dipercaya sebagai pertemuan Nyi Roro Kidul dengan Sultan.

keraton yogyakarta Mengenal Lebih Dekat Sejarah Keraton Yogyakarta sejarah jogja

Author: 
    author
    JogjaLand

    Related Post

    Comments are closed.