MAHASISWA UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA GELAR PELATIHAN MEDIA SOSIAL DI DESA WISATA KARANGREJO

598 views

Sumber Foto : Dokumentasi Pribadi

Beberapa mahasiswa Universitas AMIKOM Yogyakarta mengadakan kegiatan proyek komunikasi berupa pengenalan media sosial kepada masyarakat khususnya pelaku UMKM di desa wisata karangrejo, magelang, Jawa Tengah pada Rabu, 23 Juni 2021. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengenalkan Langkah digitalisasi terhadap pelaku UMKM setempat. Selain itu, kegiatan pengenalan media sosial ini juga bermanfaat untuk pengenalan informasi tentang desa wisata karangrejo lebih luas kepada khalayak umum.

Kegiatan proyek komunikasi yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas AMIKOM Yogyakarta bertujuan untuk media informasi dan pemasaran terkait desa karangrejo sebagai desa wisata. Pengenalan tentang media sosial juga bisa membantu para pelaku umkm untuk memasarkan produknya yang belum menggunakan media sosial sebagai sarana pemasarannya. Kegiatan yang mereka lakukan antara lain survey di beberapa UMKM dan destinasi yang ada di desa karangrejo, hunting konten di beberapa lokasi seperti bonsai kelapa, TPS3R yang dikelola langsung oleh masyarakatdan pengrajin batik tulis. Kegiatan hunting konten juga bertujuan untuk mengajarkan kepada masyarakat bagaimana cara menginformasikan kegiatan yang mereka lakukan dengan baik dan benar melalui media sosial.

Fajar Warintrioktama selaku ketua kelompok dalam proyek komunikasi itu menyebutkan bahwa kegiatan yang mereka lakukan ini berawal dari prihatinnya dia terhadap Desa Wisata Karangrejo yang masih belum menerapkan informasi melalui media sosial sehingga penyebaran informasi tentang Desa Wisata Karangrejo masih belum signifikan. “jadi, awal mula saya membentuk kegiatan seperti ini yaitu karna kurangnya pengelolaan media sosial untuk memberikan informasi lebih luas lagi terhadap khalayak umum, padahal desa wisata karangrejo sendiri termasuk dalam kawan super prioritas dari berbagai asset yang dimilikinya”. Tuturnya.

Pihak pemerintah desa setempat pun sangat mendukung dengan adanya kegiatan seperti ini yang tergolong kegiatan yang sangat positif dan berguna bagi pelaku UMKM dan pengelola destinasi desa setempat. “harapan kami dari kelompok proyek komunikasi Universitas AMIKOM Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan ini yaitu semoga apa yang sudah kita edukasikan terhadap masyarakat setempat khususnya pelaku UMKM dan pengelola destinasi tentang digitalisasi media sosial bisa terus dikembangkan dan mengikuti perkembangan media sosial yang semakin berkembang pesat agar Deswita Karangrejo bisa bersaing dengan desa wisata lainnya baik dalam tingkat kabupaten, provinsi maupun Nasional”. Tutur Fajar dalam wawancaranya beberapa waktu lalu.

Penulis : Moh. Sami’udin
Editor: Fajar Ahmad Warintrioktama

news

Related Post

Comments are closed.