Jawa Timur Festival #3 Gumebyaring Tlatah Wetan

Jawa Timur Festival #3
Gumebyaring Tlatah Wetan

Jawa Timur Festival #3 Gumebyaring Tlatah Wetan

Yogyakarta – Kebudayaan memliki berbagai fungsi, salah satunya untuk mengenalkan identitas daerah dan menjadi media hiburan. Seperti halnya kesenian yang lahir dari leluhur terdahulu yang menciptakan kesenian untuk ciri suatu daerah. Namun, lambat laun kesenian akan memudar jika para keturunan tidak melestarikan kesenian tersebut dengan baik. Dampak yang lebih besar, kesenian suatu daerah akan diklaim oleh daerah lain.
Berkenaan dengan hal itu, kami Keluarga Jawa Timur Yogyakarta (KJTY) memberikan wadah untuk menampilkan berbagai kesenian daerah di beberapa wilayah Jawa Timur. Selain memberikan
penampilan terbaik dari setiap wilayah, adanya acara Jawa Timur Festival #3 sebagai ruang melepas rindu di tempat perantuan, Yogyakarta.
Jawa Timur Festival #3 kali ini memiliki tema “Gumebyaring Tlatah Wetan” yang mewakili spirit kesenian dan kebudayaan yang lahir dari bumi Jawa Timur. Tema ini pada dasarnya tidak hanya
mengikat pertalian rasa Mahasiswa Jawa Timur semata, namun juga mengajak masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta untuk menengok kebudayan dan kesenian Jawa Timur. Diikuti oleh 12 wilayah di Jawa Timur, kami memberikan berbagai rangkaian acara. Mulai dari 14 Oktober 2017 yaitu pemutaran film di Gandroeng Coffee karya mahasiswa Yogyakarta yang berasal dari Jawa Timur dengan prestasi yang dapat dibanggakan.
Selain itu, ada Kirab Budaya mulai dari Jalan Nagan Lor, Patehan, Kraton, Yogyakarta (SMPN 16 Yogyakarta) hingga Jalan Alun – alun Selatan, Patehan, Kraton, Yogyakarta (Sasono Hinggil Dwi Abad) pada hari Jumat, 20 Oktober 2017 pukul 14.00 WIB. Namun, acara pementasan kesenian dimulai dari hari Kamis, 19 – Jumat, 20 Oktober 2017 di Sasono Hinggil Dwi Abad yang akan dimulai dari pukul 19.00 WIB hingga selesai. Puncak acara berupa pementasan Ludruk Surabaya yang berjudul “The Legend of Sarif” menceritakan tentang seorang pencuri budiman bernama Sarif yang berani menentang pemerintahan kolonial pada zamannya. Selain rangkaian acara tersebut, akan ada kopi gratis untuk 500 pendatang pertama dihari kedua acara Jatimfest #3.
Info mengenai acara Jatimfest #3 dapat diikuti melalui akun media sosial kami di @jatimfestival
via instagram, @jatimfestival diakun twitter, halaman facebook di Jawa Timur Fest dan tumblr di
Jawa Timur Festival.

festival festival jawa timur

Author: 
    author
    JogjaLand

    Related Post

    Comments are closed.