Goa Jepang Yogyakarta

goa jepang yogyakarta 4

  • Sejarah

Berwisata sambil menikmati napak tilas sejarah merupakan hal yang menyenangkan. Akan banyak pengalaman baru yang akan terekam dan pengetahuan baru yang dapat direnungkan. Apalagi Yogyakarta sebagai daerah yang tak lepas dari pentingnya sejarah Indonesia. Banyak tempat-tempat bersejarah terukir mengiringi kebangkitan dan perjuangan Bangsa Indonesia, salah satunya tempat bersejarah bernama Goa Jepang. Goa Jepang pun tersebar di beberapa penjuru daerah di Indonesia. Namun kali ini hanya akan dibahas tentang Goa Jepang yang ada di Kaliurang, Sleman, Yogyakarta.

Nama Goa Jepang melekat sebagai saksi sejarah bahwa goa ini pernah ada pada masa kependudukan penjajah Jepang tahun 1942-1945. Jangan dibayangkan bahwa gua ini memiliki stalaktit dan stalakmit seperti pada umumnya goa. Goa ini hanyalah sebuah lubang yang gelap dan tak begitu dalam, yang berjajar sebanyak 25 lubang. Jika dibayangkan tentu saja ini bukanlah goa murni karena proses terjadinya alam. Memang. Goa ini sengaja dibuat para penjajah Jepang oleh tenaga romusha rakyat Indonesia. Tujuannya sebagai tempat tinggal, tempat berlindung dari tentara sekutu dan sebagai tempat penyimpanan senjata pada masa Perang Dunia II.

goa jepang yogyakarta 2

  • Penjelajahan Goa

Untuk mencapai lokasi Goa Jepang Yogyakarta, wisatawan harus menempuh perjalanan ke Kaliurang, tepatnya di wisata Nirmolo. Sesampainya di pintu masuk Nirmolo, wisatawan masih butuh waktu 30 menit lagi. Di lokasi wisata telah ada papan petunjuk yang akan mengantar langkah kaki menuju Goa Jepang. Dari papan petunjuk, wisatawan harus menempuh jalan setapak 1 km menaiki tangga. Tak usah khawatir jika lelah menghinggapi tubuh, karena di sisi-sisi tangga ada beberapa penjual makanan dan minuman menyambut wisatawan. Selain itu di setiap langkah wisatawan akan melihat indahnya pemandangan alam Kaliurang, hijau nan sejuk. Melukiskan kemurnian dan keasrian alamnya. Sesekali pada beberapa pohon akan terlihat para monyet bergelantungan, berinteraksi dengan suara khasnya, ikut menemani perjalanan para wisatawan.

goa jepang yogyakarta

Sesampainya di lokasi wisatawan akan disuguhi beberapa gua berjumlah 25 lubang. Tiap lubang tersebar berliku di sisi-sisi kanan bukit. Masing-masing hanya berkedalaman sekitar 10 m saja, gelap tanpa penerangan, alami dan seringkali ada rasa pengap. Di dalam beberapa gua akan ditemukan lubang persegi dari batu bata yang dahulu digunakan sebagai kamar mandi.

goa jepang yogyakarta 3

Setelah puas menikmati penjelajahan ke Goa Jepang, wisatawan dapat melepas rasa lelah setelah menuruni panjangnya anak tangga. Ada banyak tempat luas yang dapat dimanfaatkan dengan fasilitas mushola, kamar mandi, arena permainan. Selain itu wisatawan juga dapat bermain dengan para monyet sambil memberikan mereka makanan ringan. Tak usah takut karena mereka ramah dan telah terbiasa dengan para pengunjung yang sering berdatangan.

pemandangan goa jepang

Related Post

Leave a reply