Yuk Sekolah! – Desa Cerdas Untuk Indonesia Emas 2045

“Yuk  Sekolah “

Desa Cerdas untuk Indonesia Emas 2045

Desa Cerdas untuk Indonesia Emas 2045

“Sudah bisa makan setiap hari telah cukup menjadi hal yang mewah bagi kami”

Setidaknya kalimat tersebut mewakili alasan mereka untuk memilih bekerja dibanding bersekolah, hal ini dihimpun ketika tim melakukan survei ke Dusun Plampang, Desa Kalirejo, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, D.I. Yogyakarta.

Plampang Cerdas sebagai bagian dari program Menyapa Indonesia LPDP RI yang berfokus terhadap kepedulian pada peningkatan kualitas sumber daya manusia warga Dukuh Plampang I, Desa Kalirejo,Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, D.I Yogyakarta. Desa ini yang merupakan salah satu wilayah dengan tingkat prasejahtera masyarakatnya yang masih tinggi di Yogyakarta.

Selain angka prasejahtera yang tinggi, letak sekolah yang jauh dari tempat tinggal juga menjadi salah satu penyebab penduduk lebih memilih untuk bekerja demi membantu meringankan beban ekonomi keluarga daripada melanjutkan sekolah dengan mayoritas mata pencaharian warga adalah sebagai petani.

Jumlah usia produktif (15-30 tahun) tergolong cukup tinggi, namun hanya sebagian kecil yang sudah mengenyam pendidikan tingkat lanjutan setingkat SMU

Rendahnya motivasi warga untuk memperbaiki kualitas diri di bidang pendidikan menjadi dasar bagi tim Penerima Beasiswa Pendidikan Indonesia LPDP Persiapan Keberangkatan (PK) angkatan 48 menginisiasi program BEASISWA GEMPITA, sebagai salah satu solusi konkrit untuk mengatasi masalah tersebut.

 

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kesempatan belajar yang lebih luas bagi siswa SMP berprestasi yang ingin melanjutkan pendidikan ke tingkat SMA/SMK. Selain mendapatkan pembiayaan untuk melanjutkan studi, para penerima beasiswa akan mendapat pendampingan dari tim monitoring dan evaluasi beasiswa supaya dapat mencapai tingkat perguruan tinggi dan menjadi tenaga ahli yang dapat kembali untuk mengembangkan Desa Kalirejo.

 

Program pendampingan pra Beasiswa juga dilakukan secara intensif dengan minimal 5 orang pendamping untuk mendampingi 20 orang anak kandidat penerima beasiswa Gempita. Tujuan pendampingan ini adalah memberikan motivasi melalui role model kepada kandidat penerima beasiswa agar terus semangat menuntut ilmu dengan bersekolah. Materi pendampingan terdiri dari penanaman karakter bangsa, kelas inspirasi, dan sharing bersama.

Ini saatnya Anda bergerak bersama kami sebagai pejuang pendidikan. Kirimkan donasi Anda ke BCA 1390059562 a.n. Farah Aulia Rahman. Info lebih lanjut hubungi PIC Plampang Cerdas :

Gian – 081330712155

Zahra – 0877701747

 

gempitanusantara.com bersama menyapa-indonesia.com

Related Post

Comments are closed.