Militer Indonesia Memesan 8 Unit Pesawat Osprey MV-22 Kepada Pemerintah AS

Beberapa hari yang lalu terdengar kabar bahwa Menteri Pertahanan Indonesia, Prabowo Subianto telah memesan pesawat Osprey MV-22. Pernyataan diatas disampaikan oleh Badan Kerja Sama Perthanan Keamanan AS ( Defense Security Cooperation Agency/DSCA) pada saat siaran pers, Rabu (7/7/2020). DSCA menganggap AS mempunyai peranan untuk membantu Indonesia dalam mengembangkan dan memperthankan kekuatan pertahan diri yang kuat. Dalam siaran pers tersebut bahwa Indonesia telah memesan 8 unit pesawat Osprey MV-22 kepada AS. Akan tetapi Mantan Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan Laksdya TNI (Purn) Agus Setiadji menyebutkan, Amerika Serikat telah melakukan klaim sepihak dalam rencana penjualan delapan pesawat Osprey MV-22 Block C kepada Pemerintah Indonesia.

“Berkaitan dengan informasi dari AS ini kan hanya sepihak,” ujar Agus dalam diskusi virtual Jakarta Defence Studies, Selasa (7/7/2020). Lalu apa saja keunggulan pesawat Osprey MV-22 ini? Mari simak infografis berikut :

Untitled-1

Selain itu salah satu keunggulan pesawat Osprey MV-22 adalah dapat melipat sayapnya 900 (foldable rotor) sehingga dapat menghemat tempat ketika sedang diparkir didalam hanggar atau sedang dibawa menggunakan kapal induk. Hal ini merupakan fitur simple tapi sangat berfungsi untuk menghemat tempat parkir pesawat. Pengadaan alutsista tidaklah semudah membeli peralatan rumah tangga, akan tetapi perlu beberapa pertimbangan yang harus dibahas di Mabes TNI serta membutuhkan waktu yang cukup panjang.

 

 

Penulis : FEBRIANTO BAYU PAMUNGKAS

Pimpinan Redaksi : M. Reza Afrizal

Editor : Rifky Sutanto

Layouter : Moh. Sami’udin

 

 

Related Post

Comments are closed.