Situs Candi Miri Jogja

Situs Hindu yang Menyepi di Hutan.

situs candi miri 7

  • Akses

Situs Candi Miri terletak di atas sebuah bukit di Dusun Nguwot, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Letaknya tidak jauh dari situs arca ganesha dan beberapa candi seperti Candi Ijo, Candi Barong dan Kraton Ratu Boko. Untuk mencapainya, terlebih dahulu wisatawan harus menuju Desa Sambirejo. Setelah itu ada sebuah dusun di bawah bukit yang bernama Dusun Nguwot. Dari sini wisatawan harus menitipkan kendaraan di salah satu rumah warga. Selanjutnya wisatawan perlu menyiapkan tenaga ekstra, karena perjalanan berikutnya menaiki bukit dan melewati hutan sejauh 2 km sampai ke lokasi. Jalan mudahnya dengan mengikuti tiang listrik yang akhirnya berada di atas bukit berdekatan dengan Situs Candi Miri Jogja.

situs candi miri 3

  • Situs Candi

Situs Candi Miri Jogja berada di dalam sebuah hutan dan jauh dari keramaian, sehingga belum banyak wisatawan yang mengunjungi situs ini. Namun ketika wisatawan mencoba menjelajahinya, akan terasa merasakan tantangan berpetualang dengan alam. Dari sini terlihat pemandangan indah Candi Prambanan dan Sojiwan. Selain itu wisatawan juga akan menemukan beberapa jenis burung yang sudah jarang ditemukan di tempat umum, antara lain: burung kutilang, trothokan, derkuku dan kedasih.

situs candi miri 5

Ketika mengunjungi Situs Candi Miri Jogja wisatawan akan menemukan tanah seluas 14×17 meter dengan bebatuan bertumpuk tak beratur membentuk gunungan, yang terbuat dari campuran batuan putih dan batuan andesit. Sekilas tak dapat dikenali bangunan aslinya, karena beberapa batu pun diketahui telah hilang tanpa jejak. Kini hiasan yang ada hanyalah 3 buah yoni yang sudah cukup rusak. Satu diantaranya telah hancur, sedangkan dua lainnya masih berbentuk meski tidak sempurna. Yoni pertama berukuran 50×50 cm dan yoni kedua berukuran 15×15 cm. Selain itu juga ditemukan Arca Lembu Nandi yang berada 300 meter dari candi, dan kini telah diamankan di Kantor Balai Pelestarian Cagar Budaya Yogyakarta. Menurut penelitian situs ini adalah milik umat Hindu, namun belum diketahui secara pasti kapan dan bagaimana sejarah pembangunannya. (Um-R)

situs candi miri situs candi miri 6

situs candi miri 2

Related Post

Leave a reply