Sinar Aneh Di Pantai Wedi Ombo Bikin Warga Panik

Pantai Wedi Ombo, Pantai Jogja, sinar Aneh Di Pantai

Warga di seputar Pantai Wedi Ombo, Girisubo, Gunungkidul, digegerkan dengan timbulnya Sinar Aneh Di Pantai Wedi Ombo. Sinar itu nampak sepanjang dua hari berturut-turut mulai sejak Minggu (9/11/2014).

Sunu Handaka Bayu, salah satu anggota Tim SAR Pantai Wedi Ombo, menjelaskan, awalannya sinar itu dipandang oleh Sudadi. Waktu itu, Sudadi, yang juga adalah personel Tim SAR, tengah berjaga serta lihat pusaran air di dalam laut dibarengi sinar putih.

Terasa belum pernah lihat hal aneh sejenis itu, dia lantas memberitahukan apa yang dia saksikan pada anggota tim SAR yang lain serta sebagian warga. ” Saya berbarengan sebagian warga segera ke pantai. Serta benar, ada sinar putih seperti yang dikisahkan, ” kata Sunu Handaka Bayu, Selasa (11/11/2014) malam.

Menurut Sunu, tempat Sinar Aneh Di Pantai Wedi Ombo seputar 500 meter dari bibir pantai. Memiliki bentuk seperti gangsing, berbentuk pusaran yang keluarkan sinar putih besar. ” Ya kurang lebih ada putaran serta keluar sinar putih kecil di sekelilingnya, ” kata dia.

Pada Minggu (9/11/2014) serta Senin (10/11/2014) malam fenomena aneh itu kembali nampak. Saat kehadirannya seputar jam 19. 30 WIB s/d 21. 00 WIB. ” Awalannya, warga yang belum lihat tak yakin, lantas yang hari ke-2 saat nampak lagi warga kaget lantaran memanglah belum pernah berlangsung momen seperti itu, ” tandas dia.

Sesudah peristiwa itu dua hari nampak, Selasa malam tempo hari, warga serta SAR termasuk juga sebagian wartawan berniat menanti di bibir Pantai Wedi Ombo. Tetapi, hingga jam 21. 00 WIB, sinar dari tengah laut itu tak nampak.

Bahkan juga, sesudah bekerjasama dengan SAR, di pantai lain yang dekat dengan Pantai Wedi Ombo, sepanjang dua hari lantas, mereka tak ada satu juga yang lihat sinar putih dari tengah laut. ” Jadi, kemungkinan cuma di Pantai Wedi Ombo lantaran SAR pantai seputar tak ada yang melihat, ” katanya.

Sampai sekarang ini, belum didapat penjelasan ilmiah tentang fenomena pusaran bersinar itu. Sebagian spesies bersel tunggal yang dimaksud plankton dinoflagellates sinar saat terganggu. Gunakan, badai, kolam kehidupan laut serta kapal-kapal yang melalui bisa mengakibatkan beberapa besar plankton ini untuk membuahkan sinar dengan cara berbarengan. Dinoflagellates bertanggungjawab atas fenomena yang di kenal juga sebagai susu laut, yang mengakibatkan laut bersinar.

Sebagian spesies bersel tunggal yang dimaksud plankton dinoflagellates sinar saat terganggu. Gunakan, badai, kolam kehidupan laut serta kapal-kapal yang melalui bisa mengakibatkan beberapa besar plankton ini untuk membuahkan sinar dengan cara berbarengan. Dinoflagellates bertanggungjawab atas fenomena yang di kenal juga sebagai susu laut, yang mengakibatkan laut bersinar.

Tetapi, sebagian spesies plankton, ubur-ubur, serta cumi-cumi di ketahui dapat keluarkan sinar. Plankton yang dimaksud dinoflagellates bakal keluarkan cahaya—prosesnya dimaksud bioluminesensi—ketika terganggu. Gunakan laut, badai, atau kapal-kapal yang melalui bisa mengakibatkan beberapa besar plankton ini keluarkan sinar dengan cara berbarengan.

Bioluminesensi diketemukan dengan cara alami pada beragam jenis makhluk hidup, seperti cendawan, bakteri, serta organisme di perairan, namun tak diketemukan pada tanaman berbunga, hewan vertebrata terestrial, amfibi, serta mamalia. Bioluminesensi pada hewan biasanya dipakai juga sebagai tanda kawin, predasi, serta perlindungan pada pemangsa.

Sumber : regional.kompas

news Pantai Jogja Pantai Wedi Ombo sinar Aneh Di Pantai

Author: 
author

Related Post

Leave a reply