Pura Pakualaman

Pura Pakualaman

Pura Pakualaman adalah Istana Kadipaten  yang terletak di sebelah timur Kraton Yogyakarta. Sejarah keberadaan kadipaten ini tidak lepas dari sejarah Kasultanan Yogyakarta. Istana yang didirikan pada awal abad XIX M ini saat menjadi tempat tinggal Sri Paduka Paku Alam IX beserta keluarganya. Sri Paduka Paku Alam IX saat ini juga menjadi Wakil Gubernur DIY dan merupakan dwi tunggal dengan Sri Sultan Hamengku Buwana X (bagian dari keistimewaan DIY).

Puro Paku Alaman masih menjadi tempat kediaman resmi Sri Paku Alam, yang juga wakil gubernur Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk memasuki kawasan Pura Pakualaman, kita akan melalui Alun-alun Sewandanan yang ditanami pohon beringin, kemudian melewati gerbang utama yang disebut Regol Danawar

Pada fasad regol ini dapat dibaca prasasti 7–8–1884 yang menandai masa regol ini dibangun. Di bagian dalam cepuri terdapat taman dan bangunan-bangunan inti, di antaranya pendhapa Bangsal Sewatama, Dalem Ageng Prabayusa yang menurut pasren dan kamar pusaka, Bangsal Sewarengga, Maerakaca, Bangsal Parangkarsa, dan Gedong Purwaretna.
Museum Pura Pakualaman
Bangunan-bangunan di atas sebagian berfungsi sebagai sarana seremonial dan ada pula yang berfungsi sebagai bangunan penunjang kehidupan sehari-hari. Sri Paku Alam dan keluarga intinya. Bagian yang terbuka untuk dimasuki umum hanyalah bagian Museum Pura Pakualaman. Selain itu masih ada pula pelengkap lainnya, seperti kantor, istal, dan kandang menjangan (rusa).

Author: 
author

Related Post

Leave a reply