Pemantapan DIY Sebagai Pusat Budaya Terkemuka di Masa Depan

Pemantapan DIY  Sebagai Pusat Budaya Terkemuka di Masa Depan

Yogyakarta selama ini dikenat sebagai kota kebudayaan, tenrutama Kraton yogyakarta sebagai pusat kebudayaan Jawa. Konsekuensinya, Pemerintah provinsi Daerah lstimewa Yogyakarta memiliit visi, misi, program, dan kegiatan yang terkait dengan petestarian dan pengembangan budaya. Sehubungan dengan hal itu, pogram dan kegiatan pemerintah dari tingkat I sampai pedukuhan harus memberikan kontribusi terhadap pencapaian visi tersebut. Disamping itu, warga masyarakat perlu mendukung dalam bentuk partisipasi aktif.
Yogyakarta juga dikenal sebagai kota pendidikan. Berbagai lembaga pendidikan terutama yang sudah terkenal ibarat rnagnit yang sanggup menarik generasi muda dari berbagai daerah untuk studi di kota Yogyakarta.
Kedua hal, yaitu kota kebudayaan dan kota pendidikan menjadi acuan untuk pengembangan kota Yogyakana. Oteh karena itu, sangat tepat apabila visi pembangunan Pemeriniah Provinsi Daerah istimewa Yogyakarta adalah terwujudnya pembangunan regionai sebagai wahana menuiu pada kondisi Daerah lstimewa Yogyakarta pada Tahun 2020 sebagai pusat pendidikan budaya, dan daeran tujuam wisata terkemuka, dalam lingkungan masyarakatyang maju, mandiri, sejahtem tahir batin didukung oteh nitai-nilai kejuangan dan pemerintah yang bersih dalam pemerintahan yang baik dengan mengembangkan ketahanan sosial budaya dan sumber daya berketanjutan.
Permasatahannya adalah bagaimana mengimplementasikan hal itu kedalam program dan kegiatan lembaga-tembaga, baik pemerintah maupun swasta di Daerah istimewa Yogyakarta. Dalam lingkup yang tebih terbatas, bagaimana lembaga pendidikan di Daerah istimewa Yogyakarta berperan dalam mewujudkan DIY sebagai pusat budaya terkemuka di masa depan.

Oleh : Prof Dr. Haryadi

budaya

Author: 
    author
    JogjaLand

    Related Post

    Comments are closed.