PDAM Jogja Pasang Instalasi Air Siap Minum

mata air

Harianjogja.com, JOGJA-PDAM Tirtamarta Jogja memasang instalasi air siap minum di Kompleks Balai Kota Jogja tepatnya di seluruh lantai Kantor Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi yang berada di Gedung Unit VII.

“Gedung tersebut digunakan untuk pelayanan kepada masyarakat sehingga kami memutuskan untuk memasang instalasi air siap minum di gedung baru itu. Seluruh pegawai dan masyarakat bisa mengakses air yang disiapkan itu,” kata Direktur Utama PDAM Tirtamarta Jogja Dwi Agus Triwidodo, Jumat (7/11/2014).

Menurut Agus, PDAM berharap pemasangan instalasi air siap minum tersebut sudah dapat diselesaikan pada akhir November. “Seluruh anggaran untuk pengadaan dan pemasangan instalasi itu berasal dari PDAM. Kami belum mengetahui dana yang dihabiskan karena pamasangan sedang dilakukan,” katanya.

Ia menyebutkan, air siap minum yang dapat diakses tersebut telah melalui serangkaian proses penyaringan sehingga kualitasnya pun sudah teruji dan tidak berbahaya apabila langsung dikonsumsi.

“Kami pastikan bahwa kualitas air tersebut sesuai standar air siap minum yang telah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan. Masyarakat tidak perlu khawatir mengonsumsinya,” katanya.

 Agus menambahkan, pemasangan instalasi air siap minum di kompleks balai kota tersebut baru akan dilakukan di Kantor Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Jogja.

“Kami belum ada rencana untuk menambah pemasangan di kantor lain. Ini sebagai ‘pilot project’. Akan kami lihat bagaimana tanggapan dari masyarakat,” katanya.

PDAM, lanjut dia, akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Jogja mengenai pemeliharaan instalasi air siap minum itu. “Apakah biaya pemeliharaan dibebankan ke pemerintah kota atau tetap menjadi tanggung jawab PDAM,” katanya.

Selain di kompleks Balai Kota Jogja, PDAM juga sudah memasang instalasi serupa di kantor perusahaan daerah tersebut serta di dua tempat wisata di Kota Jogja yaitu di Taman Pintar dan di Pasar Satwa dan Tanaman Hias Jogja.

“Sejauh ini, tanggapan dari wisatawan di Pasthy dan di Taman Pintar cukup baik. Banyak yang memanfaatkannya,” katanya.

Sumber : Harianjogja.com

news

Author: 
    author
    JogjaLand

    Related Post

    Leave a reply