Pantai Gua Cemara

 

C360_2014-01-27-14-53-44-444

Yogyakarta terletak di tepi selatan pulau Jawa, berbatasan dengan Samudra Hindia. Oleh karenanya di sepanjang tepi selatan, Yogyakarta dikelilingi pantai-pantai yang menyimpan banyak keindahan. Pantai-pantai itu mempunyai ciri khas dan nama-nama berbeda, salah satunya yakni Pantai Gua Cemara.

Pantai Gua Cemara terletak di Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Tepatnya 27 km dari kota Bantul dan 30 km dari kota Yogyakarta. Pantai ini berdekatan dengan dua pantai lain, yakni pantai Samas dan Pantai Pandansari. Pemandangan pantai ini didominasi oleh rimbunnya pohon cemara udang. Awalnya pohon cemara di pantai seluas 500 meter persegi ini ditanam sebagai pendamping pohon akasia yang berfungsi sebagai pencegah abrasi. Selain itu lebatnya pohon cemara ini dimanfaatkan sebagai penahan angin laut yang membawa rasa asam dan dapat merusak tanaman petani. Namun akhirnya masyarakat memutuskan untuk membudidayakan pohon cemara udang sebagai ciri khas dari pantai ini.

C360_2014-01-27-14-27-24-957

Nama ‘Gua Cemara’ sendiri dipilih bukan karena ada gua di sekitar pantai, tapi berdasarkan keadaan pepohonannya. Awalnya para penduduk sekitar pantai sering melewati pohon cemara dan membabat sebagian batang dan rantingnya sebagai jalan lewat. Bekas babatan mereka menghasilkan lubang yang jika diperhatikan menyerupai gua. Maka semenjak itu pantai Gua Cemara disematkan sebagai nama resminya setelah resmi dibuka pada tahun 2010 untuk para wisatawan. Jadi bukan karena ada gua di pantai tersebut.

C360_2014-01-27-14-21-57-365

Suasana yang tersaji di pantai ini sangatlah nyaman, dan cocok untuk bersantai keluarga. Pasalnya terdapat faktor kenyamanan yang akan menjadi pilihan menarik bagi penggiat wisata alam. Pertama, suasana sejuk nan tentram yang berefek dari puluhan tanaman cemara udang. Pepohonan itu berperan menghangatkan suasana para penghuni di sekitarnya. Tak jarang beberapa wisatawan berbondong-bondong datang membawa serta keluarga, membawa perlengkapan bersantai, menggelar tikar dan menikmati santapan di bawah rindangnya pepohonan.

DSC06962

Kedua, keadaan alam yang indah. Seringkali ketika para wisatawan datang, mereka akan langsung memasang berbagai gaya untuk berfoto. Tak ingin menyia-nyiakan tiap sudut gambarnya. Ketiga, tanahnya yang luas menjadi tempat bermain yang nyaman. Menebarkan keceriaan bagi para pecinta outbond dan game. Maka seringkali pula tempat ini dipakai para kalangan remaja, beberapa komunitas atau organisasi untuk mengadakan outbond.

DSC06977

Keempat, fasilitas memadai untuk berwisata. Banyak para pedagang makanan berat ataupun ringan dan minuman hangat ataupun dingin. Selain itu, fasilitas toilet, mushola dan tempat beristirahat juga tersedia. Yang unik adalah, semua fasilitas itu kompak dibangun dari anyaman bambu. Mencerminkan keasriaan alam, seni-budaya dan kekompakan para penduduk untuk memberikan kenyamanan pada para wisatawan.

alam pantai wisata

Related Post

Leave a reply