Generasi Cinta Fiqih : Kajian Fiqih Puasa

Poster GCF Al-Fath

 

Generasi Cinta Fiqih : Kajian Fiqih Puasa

 

Latar Belakang

Puasa adalah salah satu di antara sekian banyak kewajiban mendasar bagi setiap muslim. Lebih dari satu setengah milyar umat Islam sedunia, setiap tahunnya selama 14 abad ini, menyambut secara khusus datangnya bulan yang dikhusukan untuk berpuasa, yaitu bulan Ramadhan. Dan ternyata bukan hanya umat Islam saja yang memiliki kewajiban berpuasa. Umat yang lain, bahkan umat-umat terdahulu sebelum masa kenabian Muhammad SAW juga telah mendapatkan perintah untuk berpuasa sebagaimana termaktub di dalam Al-Qur’an. “Wahai orang yang beriman, diwajibkan kepadamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan kepada umat sebelummu agar kamu bertaqwa”(QS Al-Baqarah: 183). Meskipun, tatacara dan ketentuan berpuasa yang Allah SWT tetapkan  kepada masing-masing umat berbeda-beda, namun pada hakikatnya puasa adalah perintah yang bersifat universal.

Pembahasan yang lebih mendalam terkait tatacara dan ketentuan berpuasa tentu bukan hal yang bisa dianggap remeh karena dalam penerapannya pun ternyata ada perbedaan pendapat antar ulama mazhab yang terkadang membuat kebingungan di tengah masyarakat. Apalagi puasa Ramadhan yang merupakan bagian dari rukun Islam yang lima, dimana seandainya seseorang mengingkari kewajibannya maka dia telah keluar dari agama Islam. Hal ini menunjukkan bahwa belajar ilmu fiqih menjadi sangat penting bahkan menjadi sebuah kebutuhan bagi umat Islam sekarang guna mengetahui dan memahami syariat, dalam hal ini khususnya puasa, secara lebih rinci dan mendalam, baik untuk bulan Ramadhan, khususnya, maupun berbagai jenis puasa lainnya.

Oleh karena itu, kami UKMK Al-Fath UII bekerjasama dengan Rumah Fiqih Indonesia menyelenggarakan kegiatan yang bernama Generasi Cinta Fiqih I dengan tema kajian Fiqih Puasa. Kegiatan ini selain sebagai ajang untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan, juga sebagai permulaan dari syiar belajar ilmu fiqih bagi masyarakat umum dimana insyaa Allah akan diadakan kembali Generasi Cinta Fiqih bagian dua dan seterusnya.

Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Hari, tanggal: Sabtu, 13 Mei 2017

Waktu: 08.00 – 12.00 WIB

Tempat: Masjid Ulil Albab UII, Jl Kaliurang km 14,5, Sleman, Yogyakarta

Author: 
    author
    JogjaLand

    Related Post

    Comments are closed.