FKY 29: UMBAR MAK BYARR!

fky29

FKY 29: UMBAR MAK BYARR!

Kehidupan manusia tidak pernah terlepas dari masa istirahat. Masa rehat ini selalu hadir di berbagai aktivitas keseharian; sekolah, bekerja, bereksperimen, berkreasi, maupun dalam hidup manusia itu sendiri sebagai cara untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran di sela-sela aktivitas utamanya, baik dalam kurun waktu sebentar maupun lama.

Beristirahat memiliki pemaknaan yang luas, mulai dari bermain (-main), jalan-jalan, refreshing, menyalurkan hobi, makan, bercanda, hingga bersosialisasi. Beristirahat, menjadi waktu luang yang berharga sebelum memasuki aktivitas yang belum terselesaikan.

FKY 29 mencoba untuk melihat istirahat, rehat, atau waktu luang sebagai tema besar acara, dengan mengambil tajuk: Umbar. Secara definitif, Umbar merupakan bahasa Jawa yang memiliki dua makna dan serupa dengan waktu luang. Pertama, umbar sebagai aktivitas beristirahat, bermain (-main), hingga inkubasi, dan Kedua, umbar sebagai wujud mengekspresikan sesuatu (mengumbar) secara total; ide, gagasan, maupun kreativitas.

Tema Umbar diharapkan memiliki dua implementasi dalam FKY 29, yaitu internal dan eksternal. Sisi internal terkait dengan kegiatan FKY 29 itu sendiri yang diharapkan mampu menjadi ruang untuk mengekspresikan gagasan bermain (-main) bagi semua pihak yang berkontribusi di dalamnya; seniman, budayawan, desainer, pembuat acara, maupun pasar seni. Namun demikian, konsep bermain tidak hanya mewujud dalam aktivitas permainan, tetapi juga mampu menciptakan engagement dan kreativitas pada audiens saat berinteraksi. Dari sisi eksternal, FKY 29 diharapkan mampu menjadi ruang bagi masyarakat untuk sejenak melepas kepenatan, mendapatkan kesegaran jiwa raga, dan kreativitas baru saat bermain (-main) di FKY.

infofky

FKY

Author: 
    author
    JogjaLand

    Related Post

    Comments are closed.