Babinsa dan Petani Bersatu Sukseskan Program Pemerintah

panen-kacang-jogja

JOGJA – Dalam rangka mendukung program swasembada pangan yang dicanangkan oleh Pemerintahan Presiden Joko Widodo, Korem 072 Pamungkas Yogyakarta siap melakukan pendampingan kepada para petani di kawasan DIY.

“Saat ini anggota kami sedang menjalani pelatihan di Bone untuk dipersiapkan menjadi pendamping bagi para petani. Nantinya para Babinsa akan kami terjunkan ke gabungan kelompok tani (GAPOKTAN) yang ada di Yogyakarta,” ungkap Danrem 072 Pamungkas Brigjen MS. Fadillah saat menggelar acara silaturahmi antara Korem 072 Pamungkas dengan PWI dan awak media Yogyakarta, di Makorem 072 Pamungkas, Selasa (27/1/2015).

Dikatakannya, para Bintara Pembina Desa (Babinsa) tersebut akan memberikan pelatihan kepada para petani bagaimana caranya untuk lebih meningkatkan produktivitasnya dalam bertani. Tidak hanya pelatihan, para Babinsa juga dibekali dengan kemampuan mengatur pola kerja anggota GAPOKTAN agar pola kerja lebih efektif dan efisien.

Turut sertanya TNI AD dalam upaya terwujudnya swasembada pangan tersebut merupakan instruksi langsung dari Kepala Staff Angkatan Darat dan menjadi program kerja TNI AD secara nasional

“Dalam menyukseskan program swasembada pangan ini kami tidak hanya berhenti pada proses pendampingan. Selama ini yang menjadi salah satu permasalahan petani adalah susahnya mendapatkan pupuk, dan kami akan mengawasi pendistribusiannya,” ungkap Danrem.

Nantinya pihak TNI AD akan mendapatkan jadwal kapan pupuk bersubsidi bagi petani datang. Dan pendistribusiannya ke petani akan diawasi agar tidak ada penyelewengan.

Diperkirakan pada bulan Februari ini anggota siap diterjunkan ke lapangan untuk mendampingi para petani. Dikatakan Danrem, berdasarkan data dari Pemda DIY di wilayah DIY terdapat 39 ribu hektar lahan pertanian yang disiapkan. Dari jumlah tersebut baru termanfaatkan 19 ribu hektar.

Lebih lanjut Danrem mengatakan, kedepan pihaknya akan terus mendorong agar lahan yang selama ini belum tergarap bisa dimanfaatkan.

“Kami (TNI AD) juga sudah berkoordinasi dengan Kementerian PU dan Kementerian Pertanian untuk melakukan renovasi saluran irigasi,” tambahnya.

Sumber : Tribunjogja

babinsa news panen kacang

Author: 
    author
    JogjaLand

    Related Post

    Comments are closed.